Jenuh Karena Skripsi, Coba Lakukan Hal Berikut
jenuh skripsi

Ketika mengerjakan skripsi, mahasiswa akan memasuki puncak kerumitannya masing-masing. Jika kamu termasuk mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi maka masa-masa ini merupakan masa-masa yang sangat menantang. Mulai dari menentukan judul, teori, revisi, mengejar dosen pembimbing, dan lain sebagainya tentu sudah menjadi rutinitas bagi kamu. Setelah menyita banyak pikiran, waktu dan tenaga, cepat atau lambat mengerjakan skripsi tentu akan membawa kamu pada puncak kejenuhan. Namun, ketika kamu sampai pada puncak kejenuhan tersebut cobalah untuk berhenti sejenak dan biarkan dirimu beristirahat. Berikut merupakan beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk kembali menyegarkan pikiranmu.

  • Jalan-Jalan Singkat
    Rencanakan liburan singkat di akhir pekan jika kamu benar-benar berada dalm kondisi yang menjenuhkan. Jadikanlah akhir pekan kamu sebagai waktu terbaik untuk melepaskan diri kamu dari beban skripsi. Nikmati jalan-jalan singkat kamu, jangan pikirkan berbagai hal mengenai skripsi atau yang berhubungan dengan itu. Oleh, karena itu jangan hanya berdiam dalam kamar. Jika kamu memang memiliki hobi untuk jalan-jalan, langsung rencakan dan nikmati perjalanmu tersebut.
  • Berolahraga
    Coba bakar kejenuhan kamu dengan melakukan olahraga aktif. Olahraga seperti futsa, basket, renang, tentu dapat kembali menyegarkan pikiranmu yang dikacaukan oleh skripsi. Sekedar jogging bahkan diduga mampu mengurangi ketegangan mental mu lho. Namun, yang terpenting adalah melakukannya dengan rutin dan teratur, maka tubuh akan terbiasa dengan hal tersebut. Cobalah melakukan olahraga yang kamu sukai. Selain akan membuat kamu nyaman ketika melakukannya, mood dan emosi akan lebih mudah terkontrol sehingga stress pun menurun. Tak hanya pikaran mu yang kembali tenang, kesehatan tubuh kamu pun juga semakin terjaga dengan melakukan olahraga.
  • Cari Teman Ngobrol
    Ngobrol dengan teman tentu dapat meringankan kejenuhan mu. Coba cari lah topik yang ringan yang sekiranya jauh dari bahasan skripsi dan berbagai hal tentang dunia perkuliahan. Cobalah pergi ke tempat biasa kamu dan teman kamu berkumpul lalu cobalah mulai percakapan denagn topik yang ringan hingga kalian mulai ngalor ngidul.
  • Bermain Bersama Peliharaan
    Jika kamu memiliki hewan peliharaan, cobalah kamu bermain dengannya sejanak. Bermain dengan hewan peliharaan dinilai mampu menghilangkan stres. Jika tidak cobalah cari hewan peliharaan. Adapun yang paling mudah dipelihara ialah kucing. Cobalah pelihara seekor kucing karena dengan mengelus-elus kucing memang dipercay ammpu menjadi salah satu cara agar kita terhindar dari stres atau bisa juga meredamkan stres bagi sang pemiliknya.

Baca juga : Menu Tambahan, Untuk Para Mahasiswa Pejuang Skripsi

Apabila beberapa cara di atas masih belum juga ampuh mengobati rasa stresmu, kamu perlu segera melakukan evaluasi terhadap apa yang membuatmu merasa terus stres. Apakah rasa stres tersebut datang dari topik skripsi yang rupanya tidak kamu inginkan, tekanan dari orang tua, atau justru niatmu yang masih setengah hati dalam mengerjakan skripsi. Cobalah cari mana yang sekiranya masih mengganjalmu. Pastikan juga kamu cukup istirahat dan jaga kesehatan di mulai dari kebersihan tangan agar lebih higienis dan bersih dari kuman dengan menggunakan cairan pembersih tangan

Email Print