Jurusan-Jurusan Baru Yang Ada di Kampus

Perkembangan zaman memunculkan adanya kebutuhan baru di dunia kerja. Tingginya kebutuhan ini akhirnya memicu institusi pendidikan untuk membuka jurusan kuliah baru. Alasannya adalah agar mahasiswa mampu mempersiapkan dirinya lebih matang lagi di dunia kerja. Apa saja jurusan kuliah baru yang muncul akibat perkembangan zaman?

  1. Digital dan Media Sosial (New Media)

Perkembangan teknologi, khususnya di media baru, membuka lapangan pekerjaan di bidang digital marketing. Salah satu jurusan baru yang cukup populer adalah new media. Ternyata banyak ya yang ingin menjadi praktisi digital atau media sosial

  1. Ethical Hacking

Dunia yang serba digital, membuat hacking menjadi jurusan tersendiri. Mereka dipersiapkan untuk melindungi infrastruktur jaringan perusahaan dari serangan. Jurusan kuliah ini sudah mulai banyak di luar negeri.

  1. Baking Technology Management

Siapa yang tidak suka dengan cake maupun pastry lainnya? Industri pangan, termasuk pastry telah membangun prospek yang menjanjikan, sehingga untuk kamu yang tertarik belajar tentang bakery sudah ada program kuliahnya sekarang. Mahasiswa juga akan belajar seputar higienitas, termasuk kebersihan tangan saat mengolah makanan. Penggunaan hand sanitizer seperti Antis Lucky Charm pun diperlukan di bidang ini. Mereka juga akan diajarkan juga mengenai ilmu manajemen sebagai bekal mengelola bisnis bakery dengan baik.

  1. Teknik Biodemik

Jurusan ini tergolong jarang terdengar di telinga kita. Jurusan Teknik Biodemik merupakan rekayasa aplikatif di bidang biologi dan kedokteran. Cocok untuk kamu yang suka dengan ilmu kedokteran, tapi ada bagian tekonologinya juga. Saat ini juga sudah mulai banyak lho rumah sakit yang menggunakan teknologi canggih dalam pelayanannya.

  1. Akturia

Akturia tercipta untuk kamu yang doyan menghitung alias matematika. Di sini kamu akan diajarkan mengenai mengelola risiko keuangan yang baik, serta metode analisis data keuangan. Nah di dunia kerja, sudah mulai banyak perusahaan atau institusi keuangan yang butuh bagian ini.

  1. Bisnis Digital

Program studi ini ada untuk mempersiapkan generasi muda agar tidak gagap teknologi. Pada akhirnya, mahasiswa yang berasal dari jurusan ini akan banyak bersinggungan dengan start-up digital, marketplace, big data hingga artificial intelligence.

Masih banyak lagi jurusan-jurusan baru yang muncul akibat perkembangan jaman. Tak cuma berlaku untuk tingkat sarjana, tapi juga ada di tingkat master hingga profesor. Jurusan-jurusan favorit 20 tahun lalu pun sudah banyak berbeda dengan jurusan favorit sekarang. Kira-kira apa lagi ya jurusan baru yang lain?

Email Print