Jurusan Kuliah Para Presiden di Indonesia Apa Saja Sih? Yuk Cari Tahu

Mulai dari Soekarno, Soeharto hingga Jokowi, semua menempuh pendidikan yang mempuni pada masa kuliah. Pernahkah kamu terpikir apa jurusan-jurusan kuliah presiden di Indonesia? Setelah ditelusuri, ternyata tidak ada satu pun presiden di Indonesia yang berasal dari ilmu sosial politik lho. Artinya presiden itu bisa berasal dari jurusan apa saja, namun kembali lagi ke mental pemimpin, itu ada di dalam dirinya atau tidak. Nah, pengen tahu kan presiden kita berasal dari jurusan apa ?

  1. Soekarno

Presiden pertama di Indonesia ini ternyata mengambil kuliah di Technische Hoogeschool te Bandoeng atau saat ini disebut ITB. Jurusan yang diambil adalah Tata Bangunan Air. Soekarno sendiri menyelesaikan kuliahnya pada tahun 1926.

  1. Soeharto

Tahun 1942, Soeharto mendaftarkan diri untuk menjadi anggota Koinklijk Nederlands Indisce Leger (KNIL) atau tentara kerajaan Belanda. Di situ ia sempat bertugas sebentar sebelum akhirnya Belanda menyerah pada Jepang.

  1. J. Habibie

Terkenal sebagai salah satu Presiden tercerdas di Indonesia, B.J. Habibie mengambil Teknik Mesin di ITB, sebelum akhirnya melanjutkan pendidikan di Aeronautika dan Astronautika di Jerman. Terakhir B.J. Habibie mendapatkan gelar Doktoer Ingenieur dengan predikat Summa Cum Laude pada tahun 1965.

  1. Gus Dur

Gus Dur menerima beasiswa dari Kementerian Agama untuk belajar di Universitas Al Azhar Mesir dengan jurusan Studi Islam pada tahun 1963. Beliau juga sangat aktif dalam Asosiasi Pelajar Indonesia di Mesir dan sempat menjadi jurnalis majalah asosiasi tersebut.

  1. Megawati

Megawati sempat berkuliah di Fakultas Pertanian Universitas Padjajaran, namun tidak selesai karena kondisi politik yang kurang kondusif saat itu. Selanjutnya beliau melanjutkan di Fakultas Psikologi UI, namun juga tidak selesai karena Presiden Soekarno meninggal dunia.

  1. Susilo Bambang Yudhoyono

Presiden yang satu ini memang berasal dari dunia militer. Pria yang akrab disapa SBY ini menempuh Pendidikan dari Akabri pada tahun 1973, lalu melanjutkan studinya di Amerika hingga tahun 1983. Lalu kemudian dia mengambil kursus senjata antitank di Belgia dan Jerman pada tahun 1984.

  1. Jokowi

Presiden yang masih menjabat sampai sekarang ini ternyata alumni dari Universitas Gadjah Mada, tepatnya dari Fakultas Kehutanan. Gelar sarjana beliau didapatkan pada tahun 1985.

Wah, ternyata jurusan apa saja bisa jadi presiden ya, asal kamu punya jiwa pemimpin. Kamu ingin jadi presiden juga? Bisa kok. Yang penting kamu belajar dengan rajin dan menjaga kesehatan supaya apa yang kamu impikan bisa terwujud. Salah satu caranya dengan menjauhkan diri dari kuman menggunakan Antis Hand Sanitizer. Kesehatan tetap terjaga, mimpi terus digapai hingga terwujud!

Email Print