Kata Siapa Cuci Tangan Hanya Untuk Anak-Anak

Mencuci tangan adalah cara paling mudah untuk menjaga kamu dari bakteri dan kuman, cara ini bisa dikatakan sederhana namun sering dilupakan. Biasanya cuci tangan lebih banyak dikaitkan dengan anak-anak, banyak orang tua atau orang dewasa yang sering menyuruh anak kecil untuk mencuci tangan sehabis melakukan aktivitas, terutama yang berkaitan dengan debu atau kotoran, namun banyak orang dewasa juga yang melupakan kebiasaan cuci tangan.

Bahaya yang mengancam kamu bila jarang mencuci tangan

Kebiasaan cuci tangan dapat membantu kamu terhindar dari penyakit seperti diare, penyakit pernapasan dan penyakit kulit atau mata. Riset menunjukkan dengan mencuci tangan akan menurunkan penyakit diare hingga 50%. Namun bagi kamu yang malas untuk mencuci tangan, beberapa penyakit dibawah ini akan mengancam kesehatan kamu.

  1. Diare

Penyakit Diare disebabkan oleh bakteri E-Coli, bakteri ini biasanya berasal dari kotoran manusia yang terdapat di toilet,bakteri E-Coli dapat masuk kedalam saluran pencernaan secara langsung yang akan menyebabkan diare akut, dan jika tidak ditangani secara serius akan mengalami gagal ginjal. Alangkah baiknya kamu untuk mencuci tangan sehabis dari toilet terutama toilet umum, tangan yang bersih akan melindungi kamu dari penyakit diare.

  1. Infeksi Bakteri Salmonella

Jika kamu tidak mencuci tangan sebelum makan, maka kamu akan terkena bakteri salmonella. Bakteri ini akan menyebar ke berbagai tempat, sehingga makanan yang disentuh dengan tangan pun terkontaminasi oleh bakteri tersebut. Kemudian, telur bakteri salmonella akan berpindah ke dalam saluran pencernaan kamu , dan akan menyebabkan infeksi seperti keringat dingin, mual, muntah-muntah hingga diare.

  1. Terkena Penyakit Flu

Penyakit Flu adalah penyakit yang ditandai dengan bersin-bersin, biasanya seseorang yang terkena penyakit ini akan menutupi hidunganya setelah bersin, lalu akan menyentuh fasilitas umum tanpa mencuci tangan, dengan demikian seseorang akan tertular flu dengan cepat. Kamu dapat mencegah penyakit flu ini dengan membiasakan diri melakukan cuci tangan sehabis melakukan aktivitas diluar.

Kapan kamu harus mencuci tangan

Kapan sih waktu yang tepat untuk kamu mencuci tangan?  Berikut ini adalah waktu yang tepat untuk kamu mencuci tangan :

  1. Sebelum dan setelah makan.
  2. Setelah selesai beraktivitas, seperti bermain dan sekolah.
  3. Ketika ingin tidur dimalam hari.
  4. Setelah bersentuhan dengan benda-benda kotor, seperti membuang sampah atau dari toilet.

Ini 6 cara mencuci tangan yang baik

Mencuci tangan sebaiknya dilakukan dengan cara yang benar, dengan cara yang benar kamu akan mendapatkan manfaat, berikut ini adalah 6 cara mencuci tangan yang baik :

  1. Gosok Telapak Tangan
    Langkah pertama yang dilakukan adalah mengosok telapak tangan kamu, pastikan kamu membersihkan tangan kamu hingga berbusa.
  2. Gosok Punggung Tangan
    Setelah mengosok telapak tangan coba gosok kedua bagian punggung tangan.
  3. Gosok Sela Jari
    Setelah mengosok punggung tangan, kamu bisa gosok sela – sela jari kamu, dengan cara menyilangkan jari tangan kanan dengan kirinya.
  4. Gosok Bagian dalam Jari
    Gosok bagian dalam dan punggung jari dengan posisi ujung jari saling mengunci.
  1. Bersihkan Ibu Jari
    Sehabis jari-jari tangan bersih saat mencuci tangan, selanjutnya bersihkan ibu jari. Gosok  secara perlahan ibu jari tangan kiri dengan memutar dalam genggaman tangan.
  2. Bersihkan Kuku
    Setelah membersihkan ibu jari, pastikan untuk membersihkan kukumu juga, bersihkan kuku dan ujung jari dengan cara menguncupkan ujung-ujung jari hingga saling bertemu. Lalu, gosokkan pada telapak tangan yang berlawanan. Setelah itu, lakukanlah pada tangan sebaliknya. Jika sudah selesai, bersihkan kembali tangan di bawah air mengalir hingga bersih.

Selain dengan sabun, kamu bisa membersihkan tangan dengan menggunakan hand sanitizer seperti Antis Anti Kuman,  Antis hand sanitizer adalah pembersih tangan anti kuman tanpa air berbasis alkohol yang efektif membunuh kuman dengan cepat, seperti kuman flu dan diare, dan juga praktis untuk digunakan dimana saja dan kapan saja.

Email Print