Kembalikan Semangat Anak Saat Kembali Sekolah Saat New Normal

Antis Sebagai orang tua, Kamu perlu memastikan anak semangat belajar di sekolah. Anak yang semangat dan antusias akan lebih mudah menerima pelajaran dan juga pandai bergaul dengan orang lain di sekitarnya.

Meski begitu, aktivitas dan durasi belajar yang padat di sekolah bisa jadi membuat beberapa anak bosan dan malas berangkat ke sekolah. Jadinya, si kecil pun malas mengikuti pelajaran di sekolah. Apalagi setelah sekian lama di rumah akibat pandemi virus corona.

Jika anak mu terlihat malas, kamu harus menanyakan apa penyebab si kecil menjadi malas. Mungkin ada beberapa faktor di sekolah yang menyebabkan anak masuk sekolah.

Selain itu ada beberapa tips mengembalikan semangat anak saat sekolah di era new normal ini:

Kembalikan Semangat Anak Saat Kembali Sekolah Saat New Normal

Antar dan Jemput Anak Sekolah

Walaupun terlihat sepele, tidak ada salahnya kamu meluangkan waktu untuk mengantar atau menjemput si kecil. Hal tersebut bisa membuat mereka senang. Selain itu, dengan antar jemput ke sekolah kamu bisa mengetahui kondisi di sekolahnya. Kamu juga bisa mengenali potensi Si Kecil dengan berkomunikasi dengan guru atau teman sekolahnya.

Jika anak kamu terlihat murung dan menyendiri, kamu bisa langsung membicarakannya dengan gurunya. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui penyebab si kecil malas sekolah.

Dampingi Anak Mengerjakan Tugas Sekolah (PR)

Aktivitas yang padat di sekolah bisa membuat anak bosan mengerjakan tugas atau PR yang diberi oleh gurunya. Jika ini terjadi pada anak kamu, cobalah untuk menemaninya saat mengerjakan tugasnya. Dengan begitu, anak kamu tidak akan merasa sendiri dan jika mengalami kesulitan, dia dapat langsung bertanya pada kamu sebagai orang tuanya.

Kehadiran kamu di sampingnya bisa memotivasi dirinya juga untuk membuktikan pada kamu bahwa dia bisa menyelesaikan tugas yang diberikan. Jangan lupa untuk memuji Si Kecil jika mereka berhasil mengerjakan tugasnya dengan benar. Pujian ini tentu akan mengembalikan, bahkan menambahkan semangatnya.

Pastikan Anak Cukup Tidur

Aktivitas yang padat juga kerap membuat anak-anak kelelahan dan membuat mood-nya turun. Apalagi sekarang ini sudah diterapkan sekolah full day.Oleh karena itu, pastikan si kecil mendapat istirahat yang cukup ya.

Selalu ingatkan anak kamu untuk tidak tidur terlalu malam, sehingga tidak mencukupi kebutuhan tidurnya. Tidur yang cukup adalah 8 hingga 10 jam supaya tubuh kembali fit.

Siapkan Bekal Favorit

Jika selama ini kamu biasa memberikan uang saku kepada si kecil, cobalah kali ini untuk menyiapkan bekal makanan favoritnya. Tanyakan pada anak mu bekal apa yang ia inginkan. Membawa bekal juga merupakan sebuah bentuk pesan semangat dari kamu sebagai orang tuanya. Hal ini tentu akan membangkitkan semangatnya.

Ajak Anak Bercerita dan Berikan Pelukan

Setelah pulang sekolah, kamu bisa mengajak si kecil untuk bercerita tentang kejadian apa yang terjadi di sekolah hari ini, atau pelajaran apa yang ia rasa sulit. Apalagi jika ada acara di sekolahnya pasti anak akan semangat menceritakannya. Dengarkan ceritanya dan berikan pelukan setelah ia pulang sekolah.

Itulah tips mengembalikan semangat anak sekolah saat new normal. Jangan lupa untuk memberi anak pemahaman tentang protokol Kesehatan karena mereka kembali ke sekolah di saat kondisi pandemi corona, dan juga ingatkan untuk selalu cuci tangan di sekolah.

Email Print