Kembangkan Karir Jadi Vlogger Profesional

Sahabat Antis pasti sering menonton video-video di YouTube kan? YouTube saat ini termasuk salah satu media sosial yang paling sering diakses oleh masyarakat Indonesia. Membesarnya platform ini juga didukung dengan banyaknya konten yang diproduksi oleh para content creator. Mungkin nama-nama seperti Atta Halilintar, SkinnyIndonesia24 dan Ria Ricis sangat familiar di telinga kamu. Mereka adalah contoh vlogger yang memang fokus memproduksi konten video di channel mereka masing-masing.

Vlogger saat ini sudah dianggap sebagai salah satu profesi yang cukup menjanjikan. Pendapatannya tidak hanya berasal dari adsense saja, namun dari paid content yang didapatkan dari endorse maupun kerjasama dengan brand. Ada beberapa tips dasar agar kamu mengerti dan bisa mengembangkan karir menjadi vlogger profesional.

  1. Tahu apa yang mau diangkat

Tahap pertama sebelum kamu membuat vlog adalah mengenal jenis konten apa yang akan kamu bawa. Misalnya kamu punya pengetahuan mengenai masak memasak, kamu bisa menjadikan hal tesebut sebagai konten. Begitu pun untuk kamu yang pintar masalah keuangan, kamu bisa membuat financial vlog. Yang penting, kamu menguasai bidang yang akan kamu dalami, serta konsisten. Jangan sampai buat konten tentang memasak, lalu besoknya kamu membuat konten tentang teknologi.

  1. Memiliki personal yang kuat

Personal yang kuat pastinya berkarakter. Tentukan karaktermu dalam vlog! Mengambil setting humoris, atau serius, adalah pilihan yang bisa kamu ambil.  Yang penting karakter tersebut harus kuat, sehingga penonton videomu bisa mengikuti videomu hingga akhir.

  1. Membuat skrip yang terstruktur

Kebanyakan permasalahan orang ketika membuat vlog adalah mereka tidak menyiapkan skrip dengan baik. Sehingga ketika videonya ditonton full, orang akan bingung dengan struktur bahasa yang digunakan. Atau bisa jadi, kamu akan kesulitan menyambungkan satu bagian ke bagian lain.

  1. Tanggap tentang isu di sekitar

Sebagai vlogger, kamu harus mulai tanggap dengan isu sekitar. Misalnya, ada momen tentang lebaran, kamu bisa memulai untuk membuat konten yang merespon isu tersebut.

  1. Mempunyai gadget yang mumpuni

Setelah semua hal mengenai konten dan karaktermu terpenuhi, barulah kamu memikirkan gadget apa yang pas untuk digunakan. Pilihlah gadget yang spesifikasinya baik untuk mengambil video, seperti kualitas video, kualitas audio, resolusi baik dan lain sebagainya.

  1. Mempunyai waktu yang fokus

Untuk menjadi vlogger profesional, kamu tidak boleh setengah-setengah. Mungkin kamu pernah mendengar cerita seorag pilot yang memutuskan untuk resign karena ingin fokus menjadi vlogger. Hal ini dikarenakan membuat konten itu perlu fokus dan konsisten. Satu dua video tidak cukup untuk mengembangkan channel-mu.

Itu dia beberapa trik dasar untuk menjadi vlogger secara profesional. Semua itu kalau ditekuni pasti akan berbuah kok, Sahabat Antis. Yang penting, semprotkan Antis Hand Sanitizer sebelum dan sesudah kamu membuat konten. Kuman go away, konten jalan terus!

Email Print