Kenalan Sama Macam-Macam Kuah Ramen

Siapa sih yang tidak kenal dengan ramen? Makanan khas Jepang ini pasti sudah familiar di telingamu sejak kecil. Sekarang ini ramen menjadi hidangan nasional bahkan ada museumnya sendiri. Karena saat ini sudah tersebar di berbagai negara, ada beberapa gaya penyesuaian dan penyajian berbeda. Makanan ini umumya berkuah dengan isi mie, sayuran, potongan daging, telur dan kaldu.

Kaldu sendiri merupakan nyawa dari ramen, menjadi bahan utama yang direbus untuk membuat kuah ramen. Mungkin selama ini ramen yang kamu kenal cenderung gurih, tapi ternyata ada lho beberapa jenis kuah ramen yang kamu tidak tahu. Yuk kenalan sama macam-macam kuah ramen!

  1. Kuah Shio, si autentik Jepang

Ramen dengan kuah ini memiliki rasa yang cenderung asin, karena dicampur dengan garam laut kasar yag dibuat langsung di Jepang. Warnanya cenderung jernih kecokelatan.

  1. Kuah Miso

Kuah Miso banyak digemari oleh masyarakat Indonesia karena rasanya yang gurih dan manis. Kuah ini terbuat dari fermentasi rebusan kedelai dengan beras dan garam. Kuah ini juga sering digunakan untuk makanan jepang lain.

  1. Kuah Kari

Kekuatan kari ada pada rasa rempahnya yang khas. Untuk itu ada beberapa orang yang memang menyukai kuah kari ini. Ramen kari ini berwarna keruh kecokelatan.

  1. Kuah Shoyu

Kuah Shoyu cenderung jernih, namun tetap berwarna cokelat yang lebih tua daripada kuah Shio. Kuah Shoyu ini terbuat dari campuran kaldu dan kecap asin, biasanya ditambahkan dengan wijen.

  1. Kuah Tonkotsu

Kaldu kuah yang kental, gurih dan pekat ini ternyata hasil dari rebusan tulang dan lemak babi. Untuk kamu yang tidak makan babi, hindari menu dengan kuah ini ya!

Dari lima jenis kuah ramen di atas, mana favoritmu? Jangan lupa yuk sebelum dan sesudah makan ramen, semprotkan Antis Jasmine Tea dulu untuk membunuh 99% kuman di tangan dalam waktu 4 detik.

Email Print