Kerja Sambil Kuliah, Kenapa Enggak ?
kuliah sambil kerja

Kuliah adalah jenjang tertinggi seseorang dalam menimba ilmu. Melanjutkan kuliah seusai lulus SMA adalah hal yang diidam-idamkan oleh hampir semua orang. Banyak lowongan pekerjaan untuk lulusan sarjana yang menjamin kehidupan seseorang lebih baik daripada hanya menjadi lulusan SMA atau SMP. Maka dari itu, tak segan para orang tua menyuruh anak-anaknya agar melanjutkan pendidikan mereka ke dunia perkuliahan demi masa depan mereka.

Banyak universitas swasta yang membuka kelas karyawan untuk orang-orang yang ingin merasakan perkuliahan atau mendapatkan gelar, namun terkendala waktu di perkuliahan biasa. Biasanya, lebih flexible waktunya daripada perkuliahan biasa.

Maka dari itu, tidak sedikit orang yang bekerja sambil berkuliah. Padahal, jika kita bayangkan, susah sekali bekerja sambil kuliah. Dari mengatur waktunya agar tidak mengganggu kerjanya atau kuliahnya, tenaganya yang terbagi untuk kuliah dan kerja, dan pengaturan finansialnya. Lalu, apa sih keuntungan kuliah sambil bekerja?

Ini Dia, 6 Keuntungan Kuliah Sambil Kerja

Orang-orang yang memutuskan untuk bekerja sambil berkuliah, patut diacungi jempol karena kemampuan mereka menyeimbangkan antara bekerja dengan kuliah. Keuntungan-keuntungan inilah yang menjadi salah satu alasan seseorang akhirnya bekerja sambil kuliah. Berikut beberapa keuntungan bekerja sambil kuliah:

  1. Lebih Bertanggung Jawab

Terbiasa dengan tanggungjawab di dunia pekerjaan, membantu seseorang dalam menyikapi hal lain di samping pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya. Tugas-tugas perkuliahan akan diusahakan tidak mengganggu pekerjaannya dengan mengerjakannya di awal waktu.

  1. Melatih Manajemen Waktu

Bekerja sambil berkuliah pasti memakan tenaga dan waktu yang tidak sedikit. Kemampuan manajemen waktu seseorang dilatih dari sini. Mengatur kapan dan bagaimana harus bekerja, istirahat, kuliah, refreshing, dan mengerjakan tugas-tugas perkuliahan dimulai dan selesai tepat pada waktunya tanpa mengganggu.

  1. Melatih Kedisiplinan

Kemampuan manajemen waktu juga memengaruhi kedisiplinan seseorang dalam beraktivitas. Semua yang dilakukan harus tepat waktu agar aktivitas yang lain tidak terganggu. Begitu pula jika seseorang sudah memutuskan untuk bekerja sambil berkuliah.

  1. Menajamkan Kinerja Otak

Ketika bekerja, otak hanya memaksimalkan kerjanya untuk beraktivitas yang bersifat rutin. Belajar dapat membantu penajaman kinerja otak dengan mempelajari hal-hal baru yang tertantang dan menerima informasi baru.

  1. Memiliki Pemikiran yang Lebih Dewasa

Pemikiran orang yang kuliah dan tidak akan sangat berbeda. Kuliah melatih untuk menyelesaikan suatu masalah dengan sesederhana mungkin, walaupun masalahnya termasuk berat dan susah diselesaikan bagi orang awam.

  1. Melatih Manajemen Finansial

Keuangan menjadi hal yang krusial dalam kehidupan seseorang. Karena dapat menghasilkan uang sendiri, orang yang bekerja sambil kuliah harus membaginya antara membayar kuliah dan kebutuhan sehari-harinya atau keuangannya akan habis begitu saja.

Itu dia beragam keuntungan yang bisa Kamu dapatkan saat kerja sambil kuliah. Meski dirasa cukup berat, namun bekerja sambil kuliah ternyata mendatangkan banyak manfaat dan keuntungan. Jadi, tidak perlu ragu untuk menjalankannya!

Email Print