Kondisi Wuhan China Setelah Lockdown Berakhir
virus corona

Antisantikuman.com – Setelah di Lockdown selama lebih dari 2 bulan, penduduk kota Wuhan mulai beraktifitas kembali, 11 juta penduduk kota Wuhan harus dikarantina atau lockdown sejak 23 Januari 2020. Hal ini disebabkan karena kota di China ini adalah daerah pertama munculnya virus Covid-19.

Virus ini pertama kali muncul di kota Wuhan diawali dengan munculnya beberapa kasus virus Covid-19 yang terkait dengan pasar makanan laut di Wuhan yang menjual daging hewan-hewan seperti daging ular, kelelawar, biawak dan daging hewan yang tidak biasa lainya.Pembukaan lockdown di kota Wuhan terjadi setelah hanya terdapat 3 kasus baru dalam kurun waktu 3 minggu terakhir, dan setelah pemerintah China mengabarkan tidak ada kematian baru pertama kali sejak bulan Januari.

Rasa suka cita berakhirnya status Lockdown di kota Wuhan, membuat warga meninggalkan kota tersebut. Dilaporkan Reuters, sebanyak 55 ribu orang diketahui langsung meninggalkan Wuhan dengan  kereta api. Beberapa warga bahkan rela pergi menggunakan mobil pribadi dan mengantre cukup panjang di jalan. Mereka yang akan meninggalkan kota wajib melalui pengecekan kesehatan, seperti thermal check, kode hijau di ponsel, serta dokumen medis.

Meski kota Wuhan telah mengakhiri masa lockdown namun masih terdapat pembatasan didalam kota, pembebasan kota Wuhan China dari status lockdown sendiri adalah upaya pemerintah untuk memulai kembali kegiatan ekonomi yang sebelumnya dilarang di kota tersebut.

Namun dibalik pembukaan kembali kota Wuhan China ternyata masih banyak warganya yang masih khawatir timbulnya gelombang kedua Virus Covid-19.

Rasa Trauma dan khawatir masih terbayang di benak warga kota Wuhan, banyak warga mereka yang meninggal karena virus Covid-19 ini selain itu juga banyak dari mereka yang kehilangan mata pencarian.  Meskipun telah dibuka dari status lockdown namun warga kota Wuhan membutuhkan waktu untuk kembali menjalai kehidupan normal.

Pembebasan kota Wuhan dari status lockdown seharusnya dapat menjadi semangat untuk berbagai kota lain diseluruh dunia yang hingga saat ini masih berjuang untuk sembuh dan terhindar dari virus Covid-19 ini.

Selalu jaga jarak, jaga kesehatan, dan rutin cuci tangan. Selalu bawa Antis Hand Sanitizer kemanapun dan kapanpun untuk melindungi tangan dari serangan virus corona.

Email Print