Kuliner di Pinggir Jalan? Lakukan Tips Sehat Ini yuk!

Banyak orang yang menyukai kuliner di pinggir jalan. Selain karena mudah ditemui, kuliner di pinggir jalan juga tidak terlalu menguras isi dompet. Dengan range Rp 15.000- Rp 30.000, kamu sudah bisa makan kenyang dan enak. Menu-menu kuliner di pinggir jalan ini pun beragam, mulai dari penyetan, mie ayam, sate-satean, hingga seafood.

Buat kamu yang menyukai kuliner di pinggir jalan, sebaiknya kamu juga memperhatikan aspek kebersihan dan kesehatannya. Banyak dari kuliner pinggir jalan yang kurang bersih, seperti meja makan, piring, gelas hingga es batu yang dipecah beralaskan tangan. Kuliner pinggir jalan bisa jadi sarang kuman. Untuk itu, kamu perlu menjaga kebersihan terutama tangan saat makan di pinggir jalan. Apa saja tips sehat yang bisa kamu lakukan saat kuliner di pinggir jalan?

  1. Bawa peralatan makan sendiri

Memang agak repot untuk membawa peralatan makan sendiri, tapi hal ini penting untuk menjaga kebersihan. Di warung pinggir jalan, penjual sering kurang bersih dalam mencuci peralatan makan, bahkan ada yang cuma memasukkan di dalam ember berisi sabun, digosok sebentar lalu dibilas di ember berisi air. Sendok, garpu hingga sumpit dari stainless saat ini sudah banyak dijual dengan kemasan yang praktis. Kamu bisa membawanya ke mana pun kamu makan dan bisa kamu cuci kembali di rumah.

  1. Pesanlah minuman hangat

Dengan memesan minuman hangat, kamu sudah mengurangi resiko penyakit masuk ke tubuh. Di suhu yang tinggi, lebih banyak bakteri serta kuman mati. Beda halnya ketika kamu memesan minuman dingin dengan es batu, yang kita tidak tahu bagaimana pembuatan es batu tersebut.

  1. Membersihkan meja dengan tisu

Sebelum makan, sebaiknya kamu membersihkan meja bagianmu dengan tisu. Biasanya penjual hanya mengelap meja seadanya dengan kain yang juga untuk mengelap benda lain.

  1. Menyemprotkan hand sanitizer

Penggunaan hand sanitizer seperti Antis Lucky Charm sebelum dan sesudah makan meninimalisir masuknya kuman ke dalam tubuh melalui mulut. Bentuknya yang praktis, membuat Antis mudah dibawa ke mana-mana. Hadir dengan dua varian, Cherry Mango dan Wild Forrest, kamu tinggal memilih mana wangi favoritmu.

Murah boleh, tapi kesehatan tetap harus diutamakan ya. Jangan sampai karena kulineran di pinggir jalan, kamu jadi jatuh sakit. Jagalah kebersihan, salah satunya mulai dari tangan. Risiko kuman masuk akan berkurang ketika tangan bersih. Selamat kulineran!

Email Print