Kuliner Khas Jakarta Yang Perlu Kamu Tahu

Jakarta identik dengan budaya Betawi. Kultur budaya, adat istiadat, kesenian hingga kuliner Betawi sangat kuat diwariskan turun temurun. Kuliner Betawi ternyata punya kekhasan tersendiri dibandingkan dengan daerah lainnya. Apa saja kuliner Betawi yang perlu kamu tahu?

  1. Soto Betawi

Kuliner ini sudah terkenal sejak turun temurun. Kuliner ini disajikan dengan kuah santan kental yang gurih, dengan campuran taoge, bihun, kobis, daging ayam, paru atau daging sapi. Soto Betawi ini sangat mudah kamu temukan di berbagai sudut Jakarta.

  1. Nasi Ulam

Nasi Ulam mengalami pengaruh dari budaya Melayu sebenarnya, namun tetap makanan khas Betawi. Nasi Ulam biasanya disajikan dengan berbagai macam lauk pauk seperti perkedel, tahu/tempe goreng, dendeng, telur dadar hingga ayam. Disajikan dengan campuran daun kemangi, sambal dan dicampuri kacang tanah yang ditumbuk.

  1. Nasi Uduk Betawi

Menu ini biasanya menjadi salah satu menu sarapan warga Betawi. Nasi uduk biasanya dimasak dengan garam, santan, daun serai, salam dan daun jeruk sehingga mampu memunculkan rasa lezat dan gurih. Nasi uduk biasanya dimakan dengan irisan telur dadar, orek tempe, kentang balado, sambal kacang dan ayam.

  1. Kerak Telor

Kerak telor menjadi jajanan khas Betawi yang sering dijual di pinggir jalan, apalagi di Pekan Raya Jakarta. Kuliner ini diolah dari ketan putih, telur ayam atau bebek, ebi, bawang goreng dan berbagai bumbu lainnya. Rasanya yang merupakan perpaduan manis dan gurih ini menjadi salah satu keunggulan kerak telor.

  1. Ketoprak

Sering lihat gerobak ketoprak kan? Nah, ketoprak ini memang merupakan salah satu kuliner khas Betawi yang terkenal. Ketoprak terbuat dari ketupat yang berisi bihun, taoge dan tahu. Kuahnya terbuat dari sambal kacang dan ditaburi dengan kerupuk merah.

  1. Soto Tangkar

Ada yang tidak tahu dengan soto tangkar? Makanan khas satu ini lahir pada zaman penjajahan Belanda. Saat itu orang Betawi hanya mampu membeli iga sapi yang sedikit dagingnya, ditambah dengan jeroan dan lahirlah soto tangkar.

  1. Laksa Betawi

Laksa merupakan jenis makanan sepinggan yang berkuah, dengan bihun, telur, perkedel, daun kemangi dan daun kucai di dalamnya. Rasanya? Perpaduan antara gurih dan manis.

Dari berbagai kuliner di atas, mana makanan favoritmu? Jika kamu membaca ini dan tinggal di Jakarta, tapi tidak pernah mencoba kuliner-kuliner di atas, wah kamu kurang eksplor Jakarta. Yuk hari ini hunting salah satu kuliner Betawi. Jangan lupa ya sebelum dan sesudah menikmati kuliner ini, bersihkan tanganmu dengan Antis Lucky Charm supaya tanganmu tetap bebas dari kuman dan kesehatanmu terjaga.

Email Print