Kuliner Khas Jogja yang Wajib Kamu Coba

Berkunjung ke suatu daerah, tidak lengkap rasanya jika belum mencicipi kuliner khasnya. Yogyakarta merupakan salah satu destinasi yang terkenal dengan wisata dan juga kuliner lezatnya. Ada banyak makanan yang terkenal enak dan sayang sekali jika dilewatkan begitu saja. Justru, yang membuat para wisatawan rindu untuk kembali lagi ke Jogja adalah karena cita rasa makanan khas Jogja yang begitu hangat dan menggoda selera. Lantas, apa saja makanan khas Jogja yang paling wajib dicoba ?

Ini Dia, 5 Makanan Khas yang Wajib Kamu Coba di Jogja

Berikut beberapa makanan khas daerah Yogyakarta yang wajib untuk dicoba:

  1. Soto Sampah

Soto sampah merupakan salah satu makanan khas daerah Yogyakarta yang berdiri sejak tahun 70-an. Soto yang satu ini disebut soto sampah karena di dalamnya menggunakan gajih sapi yang tentunya menjadi berbeda dibanding dengan soto lainnya. Jika dilihat sekilas, soto yang satu ini memang terkesan seperti makanan sisa.

Dalam satu porsi soto sampah ini, biasanya berisi campuran bihun, tauge, kecambah, irisan kol, dan gajih yang kemudian disiram dengan kuah. Soto sampah biasanya disajikan acak-acakan di atas piring, sehingga tak heran jika disebut “soto sampah”. Tapi jangan tanya soal rasa, soto sampah ini jelas bakal bikin Kamu ketagihan.

  1. Mie Lethek

Lethek merupakan kata serapan bahasa jawa yang memiliki arti kotor atau kusam. Mie ini merupakan mie khas daerah Bantul, Yogyakarta. Makanan khas Yogyakarta yang satu ini memiliki kesan kusam dan sangat tidak menarik. Tapi untuk rasa, tidak perlu diragukan lagi. Karena mie lethek memiliki rasa yang tidak kalah enak dibanding mie jenis lainnya.

Mie lethek biasanya dimasak dengan berbagai campuran sayur, seperti wortel, seledri, loncang, telur, dan juga daging ayam kampung. Dan yang lebih menarik lagi, mie lethek merupakan makanan yang dibuat dengan bahan yang rendah kandungan gula dan sama sekali tidak menggunakan bahan pengawet apapun.

  1. Gudeg Pawon

Gudeg Pawon merupakan salah satu makanan legendaris daerah Yogyakarta dan sudah ada sejak tahun 1958. Yang unik dari kuliner yang satu ini adalah cara memasaknya yang masih menggunakan tungku kayu bakar. Konon katanya, apabila gudeg dimasak diatas tungku kayu bakar, maka akan menimbulkan cita rasa yang berbeda dan unik.

Keunikan lain dari kuliner khas Yogyakarta ini adalah konsep penyajiannya yang masih menggunakan pawon sebagai tempat untuk mengambil makanan. Biasanya para pelanggan yang akan makan langsung masuk ke dapur dan mengambil sendiri gudeg yang sudah dimasak sebelumnya. Pelanggan bisa menikmatinya ditempat atau bisa juga dibungkus untuk dinikmati di rumah.

  1. Sate Klathak

Sate kambing merupakan salah satu menu makanan yang sangat mudah sekali ditemui dan merupakan salah satu menu yang mempunyai banyak penggemar. Tapi, jika Kamu penggemar sate kambing dan ingin merasakan makanan ini dengan cara yang berbeda, maka sangat wajib untuk mencoba sate klathak. Rasa sate kambing yang satu ini juga berbeda dengan sate pada umumnya, karena sate ini hanya menggunakan garam dan merica sebagai bumbunya.

Kuliner sate khas Yogyakarta ini, berbahan dasar daging kambing muda, yang kemudian di tusuk menggunakan ruji sepeda motor. Penggunaan ruji untuk sate dipercaya dapat membuat daging menjadi lebih empuk dengan panas yang lebih merata.

Dalam satu porsi sate klathak, biasanya terdapat dua tusuk sate. Tetapi dengan jumlah dua tusuk tersebut bukan berarti sedikit, karena potongan daging sate klathak cukup besar dan cukup untuk makan satu orang ditambah lagi dengan nasi putih.

  1. Oseng-Oseng Mercon

Kuliner yang satu ini diberi nama oseng-oseng mercon karena memiliki rasa yang sangat pedas dan begitu meledak di mulut saat dimakan. Makanan yang satu ini paling bisa membuat para pelanggan bercucuran keringat saat mengonsumsinya.

Konon, dibutuhkan sekitar 10 kg cabe dalam seharinya. Daging koyoran yang kemudian dimasak dengan cabe dalam jumlah yang banyak membuat kuliner ini sangat pedas dan membuat siapa pun yang memakannya ketagihan.

Nah, itulah beberapa macam kuliner khas Yogyakarta yang tidak boleh sampai dilewatkan saat kalian berkunjung kesana. jangan lupa ya sebelum makan untuk selalu cuci tangan supaya terhindar dari kuman atau kamu bisa pakai Antis Hand Sanitizer yang terbukti ampuh membunuh bakteri dan kuman.

Cobalah dan buktikan sensasi sedapnya saat Kamu berlibur ke Jogja!

Email Print