Lakukan Ini Agar Terhindar dari Virus Corona Ketika Traveling!

Sejak akhir 2019 lalu, wabah virus corona masih menjadi momok di beberapa negara. Jenis virus yang pertama kali muncul di Wuhan ini sudah memakan korban lebih dari 1.600 jiwa. Oleh sebab itu, masyarakat dihimbau untuk berhati-hati dengan penyakit mematikan yang diresmikan dengan nama Covid-19 ini.

Bagi yang merencanakan perjalanan ke luar negeri, sebaiknya tunda dulu kepergian, terutama di daerah yang sudah ditetapkan positif terjangkit virus corona. Namun, jika terpaksa harus berkunjung di negara yang rentan terhadap virus ini, sebaiknya lakukan upaya untuk meminimalisir potensi terinveksi virus.

Cara Efektif Agar Terhindar Dari Virus Corona

Menurut hasil penelitian, virus korona berasal dari hewan kelelawar atau unta, dan dapat tertular pada manusia. Lalu, penularan dari manusia ke manusia dapat terjadi dengan cepat. Menyebarnya virus antar manusia kemungkinan besar memalui udara ketika bersin, air liur, bahkan dengan saling menatap mata virus ini dapat menular. Berikut cara efektif yang dapat dilakukan untuk mencegah virus corona.

  1. Membiasakan Mencuci Tangan, Terutama Sebelum dan Sesudah Makan

Seperti yang disarankan oleh WHO, mencuci tangan merupakan salah satu upaya untuk mencegah tertular virus corona. Tidak ada patokan secara pasti berapa kali seseorang harus mencuci tangan. Jika tidak keluar rumah terlalu lama dan tidak melakukan kontak dengan benda di tempat umum, maka frekuensi mencuci tangan dapat dikurangi.

Mencuci tangan juga harus dilakukan dengan benar. Cuci tangan menggunakan sabun dan bilas dengan air mengalir. Pastikan semua bersih, baik punggung tangan, sela-sela jari, dan kuku. Ketika berada di tempat umum dan sulit mencari sabun, gunakan produk hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60%.

  1. Selalu Menggunakan Masker

Penggunaan masker tidak sepenuhnya dapat menghindarkan seseorang dari serangan virus. Akan tetapi, memakai masker dapat mengurangi resiko penularan secara langsung. Tidak disarankan juga untuk menggunakan masker terus menerus, virus bisa saja mengendap pada bagia terluar masker. Pastikan untuk mengganti masker sesering mungkin.

Masker yang digunakan tidak boleh sembarangan. Ada dua tipe masker yang disarankan untuk mencegah penularan virus corona diantaranya masker bedah dan masker N95. Saat melepas masker, baik masker bedah maupun masker N95 jangan sampai menyentuh bagian depannya. Sebab bagian ini penuh dengan kuman. Jangan lupa mencuci tangan setelah melepas masker.

  1. Gunakan Sarung Tangan

Ketika berada di tempat umum, secara tidak langsung tangan akan menyentuh benda-benda yang sebelumnya dipegang oleh orang lain. Tidak menutup kemungkinan pada benda yang ada ditempat umum terdapat virus corona. Untuk menghindari penularan, sebaiknya gunakan sarung tangan. Pilih sarung tangan yang berbahan tebal.

  1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Daya tahan yang kuat dapat mencegah berbagai macam penyakit. Mengonsumsi makanan sehat, seperti sayuran, buah-buahan, dan makanan yang mengandung protein tinggi merupakan cara tepat untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Makanan mengandung protein antara lain telur, ikan, dan daging tanpa lemak.

Selain itu, imbangi dengan olahraga secara rutin, istirahat cukup, tidak merokok, dan mengurangi konsumsi makanan atau minuman mengandung alkohol. Sebaiknya tidur minimal 6 jam selama berada di luar negeri. Cara ini efektif untuk mencegah tubuh dari serangan virus corona.

  1. Tidak Mengonsumsi Makanan Sembarangan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, corona virus berasal dari hewan tertentu. Oleh karena itu, saat berada di luar negeri sebaiknya hindari olahan yang terbuat dari binatang tersebut. Jika mengonsumsi daging atau ikan, pastikan sudah dicuci dan dimasak dengan benar-benar matang. Jangan makan daging atau ikan yang sudah membusuk.

Itulah beberapa cara untuk menghindari penularan virus corona saat bepergian ke luar negeri. Apabila mengalami gejala seperi batuk, demam, atau pilek disertai lemas segera periksakan diri ke dokter. Supaya dapat segera dipastikan apakah penyebab gejala ini virus corona atau bukan.

Email Print