Lima Gunung yang Seru Untuk Didaki

Buat kamu yang berjiwa petualang, pasti mendaki gunung adalah tantangan tersendiri. Selain melatih fisik, kamu juga bisa menikmati pemandangan yang luar biasa. Di beberapa puncak gunung, kamu bisa melihat awan ada di bawahmu. Untuk beberapa orang, mendaki gunung adalah sebuah prestasi yang terus diukir.

Indonesia punya banyak gunung yang menarik untuk didaki, lima di antaranya adalah:

  1. Gunung Papandayan

Berada di daerah Garut, Jawa Barat, Gunung Papandayan merupakan gunung favorit warga ibukota karena paling dekat dengan Jakarta. Waktu yang diperlukan untuk mendaki Gunung Papandayan adalah dua hari, untuk itu cocok bagi pendaki pemula. Keunikannya adalah di bagian kawahnya, di mana setelah kamu mendaki ke puncak, barulah kamu bisa melihat sebagian kawahnya. Hutan mati yang ada di Gunung Papandayan juga menarik untuk diabadikan.

  1. Gunung Merbabu

Sering disebut sebagai kembaran Gunung Merapi di Yogyakarta, Gunung Merbabu menawarkan sunrise terbaik.  Gunung ini juga sering sekali dijadikan pendakian untuk pemula. Merbabu mempunyai dua puncak yang bersebelahan, yaitu Puncak Syarief dan Puncak Kenteng Songo.

  1. Gunung Prau

Gunung Prau ini berada di sebuah kompleks gunung berapi yang besar, yaitu Dieng Plateau. Prau sendiri berasal dari Perahu, yang berasal dari bentuknya. Banyak orang yang sekadar melakukan camping di gunung ini. Dari puncaknya, kamu bisa melihat Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

  1. Gunung Semeru

Berpredikat sebagai gunung tertinggi di Jawa Timur, Gunung Semeru memerlukan proses pendakian yang berat. Tapi tenang saja, karna sudah sering digunakan mendaki, ada beberapa basecamp yang bisa kamu hampiri saat memerlukan bantuan. Ketika mendaki Semeru, jangan lupa menyaksikan danau cantic anu Kumbolo.

  1. Gunung Rinjani

Berada di Lombok, gunung ini memang menawarkan pemandangan yang sangat menarik. Salah satu yang menjual adalah danau kawahnya. Pendakian di Gunung Rinjani dapat ditempuh melalui Sembalun atau Senaru. Di Sembalun sendiri kamu akan melewati padang savana, sementara Senaru memberikanmu pemandangan hujan tropis.

Selain fisik yang terlatih, kamu juga perlu mempersiapkan beberapa hal di ranselmu seperti jaket gunung, sandal, peralatan masak, peralatan komunikasi hingga hand sanitizer seperti Antis Lucky Charm harus dibawa. Apa gunung favoritmu untuk didaki selain daftar di atas?

Email Print