Lima Tempat Snorkeling Terbaik Untuk Pemula di Indonesia

Indonesia kaya dengan pemandangan alam termasuk isi lautnya. Pariwisata laut termasuk salah satu destinasi favorit turis baik dalam negeri maupun luar negeri. Salah satu aktivitas yang sering dilakukan di laut adalah snorkeling. Aktivitas ini lebih mudah dilakukan daripada diving karena tidak membutuhkan sertifikasi tertentu dan skill khusus. Kamu bisa melakukan snorkeling di perairan dangkal atau laut yang memiliki gelombang yang tenang, sehingga risikonya pun lebih rendah.

Snorkeling ini bisa dilakukan siapa saja, termasuk traveler pemula, bahkan termasuk yang tidak bisa berenang. Kamu cukup memakai jaket pelampung dan kacamata untuk menikmati indahnya pemandangan bawah laut. Di Indonesia ada beberapa spot snorkeling untuk pemula, di mana saja spot ini?

  1. Karimunjawa

Karimunjawa ini terletak di Jepara, Jawa Tengah. Di kawasan ini, lautnya cenderung tenang tak berombak. Karena terpisah dari daratan utama, kamu harus naik kapal boat selama 6 jam dari pelabuhan Jepara. Di sini banyak perairan dangkal yang dihuni oleh ikan kecil yang berwarna warni serta terumbu karang yang menarik. Nah jika berani, kamu juga bisa berenang bersama hiu di kolam penangkaran hiu.

  1. Pink Beach, Pulau Komodo

Terkenal dengan pasirnya yang berwarna pink dari pecahan koral di sekeliling pantai, Pantai Pink ini memiliki lanskap yang menarik, serta kaya terumbu karang dan ikan kecil. Kamu bisa mengambil foto yang bagus baik di pantainya maupun di bawah laut.

  1. Nglambor

Pantai Nglambor terletak di Yogyakarta, yang lautnya rata-rata memiliki ombak yang tidak tenang. Namun tenang saja, karena tempat ini cukup nyaman sebagai spot snorkeling. Kawasan pantainya terhalang oleh tebing besar yang memecah ombak secara alami, sehingga juga menjadi tempat ikan-ikan kecil berkumpul.

  1. Gili Nanggu

Kalau mendengar kata “Gili” pasti kamu tahu bahwa lokasinya adalah di Lombok. Jika kamu tidak ingin ke tempat yang mainstream seperti Gili Trawangan, maka Gili Nanggu adalah opsi yang baik. Pulau ini punya pantai yang jernih, dengan ombak yang sedikit, sehingga sangat baik untuk snorkeling. Kamu juga bisa memberi makan ikan dengan pakan botolan yang disediakan pedagang pinggir pantai.

  1. Pantai Sulamadaha

Di kawasan Indonesia Timur, terdapat banyak sekali kawasan snorkeling yang menarik. Salah satunya ada di Ternate, yaitu Pantai Sulamadaha. Pantai ini memilliki air yang sangat jernih, sehingga kamu akan terlihat seperti melayang.

Nah setelah melihat daftar di atas, mana tempat yang sudah pernah kamu kunjungi? Semua spot di atas aman kok untuk pemula. Yang penting, selalu bawa antis selama perjalanan supaya tangan tetap bersih dari kuman dan bisa pulang tanpa jatuh sakit. Yuk jadwalkan traveling-mu dari sekarang supaya badan dan pikiran lebih segar saat kembali mengerjakan rutinitas.

Email Print