Macam – Macam Jajanan Favorit dari Pisang
jajanan olahan pisang

Pisang dapat langsung di konsumsi dengan cara dimakan langsung. Namun tak jarang pula yang coba mengaplikasikan pisang ke dalam berbagai olahan. Baik sebagai bahan utama maupun sebagai bahan pendamping. Di Indonesia sendiri ada banyak kuliner yang berasal dari olahan pisang. Rasanya pun tidak ada yang mengecewakan. Berikut merupakan beberapa olahan pisang yang juga menjadi jajanan khas Indonesia.

Baca juga : Mengolah Daging Kurban dengan Benar

Bicara soal buah yang paling populer di dunia, tentunya tidak jauh dari buah yang satu ini. Pisang merupakan buah yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Buah berwarna kuning ini memang sangat mudah ditemui di manapun. Pisang rupanya memilik banyak khasiat didalamnya, diantaranya ialah mampu menurunkan risiko kanker, asma, menurunkan tekanan darah serta meningkatkan kesehatan jantung.

  • Nagasari
    Kue yang terbuat dari tepung beras, tepung sagu, santan, dan gula yang diisi pisang, biasanya dibalut dengan daun pisang lalu dikukus.Dari kue ini kamu dapat menikmati paduan rasa manis dan gurih secara bersamaan. Nagasari juga sering dikukus dengan balutan daun pandan sehingga menimbulkan aroma yang khas. Di Makassar, kue ini di sebut roko-roko unti.
  • Es Pisang Ijo
    Merupakan makanan khas dari Makassar, Sulawesi Selatan. Bahan utamanya merupakan pisang yang dibalut dengan adonan tepung yang berwarna hijau dan dikukus. Kamu dapat menikmati es pisang ijo dengan kuah kental berwarna putih, mirip dengan jenang sumsum namun lebih lembek, dilengkapi dengan es dan sirup yang berwarna merah.
  • Pisang Rai
    Pisang Rai merupakan salah satu jajanan pasar khas asal Bali. Pisang rai ini adalah pisang yang dilumuri dengan adonan tepung kemudian direbus hingga mendidih, lalu digulingkan pada kelapa parut. Makanan bertekstur lembut ini memiliki cita rasa yang manis dan gurih. Kamu bisa merasakan sensasi yang unik ketika mencicipi olahan pisang yang satu ini.
  • Molen Pisang
    Pisang Molen, merupakan jajanan yang diolah dengan cara digoreng. Pisang Molen disebut-sebut merupakan salah satu makanan khas dari Bandung. Meski begitu, makanan bercita rasa manis ini sekarang mudah dijumpai dimana saja. Kamu yang suka jajan gorengan pasti sesekali pernah melihat yang satu ini.
  • Pisang Pepe
    Merupakan sebuah jajanan unik yang banyak kita temui di Kota Makassar. Adapun pisang epe yang menjadi jajanan favorit ini berbahan dasar pisang raja yang belum terlalu masak dan tidak lembek. Cara memasaknya adalah dengan dipanggang di atas bara api, setelah sebelumnya dipress hingga menjadi gepeng. Setelah matsang, kemudian sajikan dengan gula merah cair. Namun seiring dengan perkembangan dunia kuliner, topping yang disajikan di atas pisang epe sekarang pun bervariasi, ada yang rasa cokelat, durian juga keju.

Olahan pisang diatas, dapat kamu jadikan pilihan ketika kamu sedang berada di jalan dan hendak mencari kuliner manis. Namun jangan lupa, sediakan selalu pencuci tangan sebelum menyantap ya!

Email Print