Mahasiswa Wirausaha? Kenapa Tidak
mahasiswa berwirausaha

Menjadi seorang wirausaha kini bukan lagi hal yang tabu bagi kamu para mahasiswa. Persaingan yang ketat dunia kerja, kini membuat banyak mahasiswa lebih memilih untuk berwirausaha dibandingkan dengan bekerja kantoran. Namun, untuk sukses menjalani wirausaha membutuhkan proses yang cukup keras. Tidak ada pengusaha yang sukses melalui cara instan.

Berbagai artikel motivasi mengenai wirausaha sukses, sukses di masa muda dan sebagainya, juga turut menjadi faktor bertambahnya lulusan yang terinspirasi menjadi seorang pengusaha lho. Terjun ke dunia bisnis sejak muda tentunya akan semakin menguntungkan kamu, hal ini lantaran kamu tidak akan memikul beban yang banyak ketika menjalankan bisnis ini. Tanggung jawab yang kemu emban pun masih sedikit. Sehingga kamu tidak perlu takut gagal. Jika kamu sudah memiliki tekad untuk menjadi seorang pengusaha, artikel berikut akan merangkumkan beberapa hal yang perlu kamu lakukan.

  • Mulai Dari yang Terkecil
    Bisnis bukan melulu berbicara tentang modal yang besar-besaran. Lalu dengan ini kamu mondar-mandir mencari investor yang bersedia menyuntikan dana besar di usahamu. Bukan hanya itu, melainkan yang lebih penting ialah bagaiman kamu mampu memahami target pasar serta mampu menemukan model bisnis yang tepat. Hal-hal seperti ini yang justru dapat memberikan dampak yang besar bagi perkembangan bisnismu.
  • Selami Dunianya
    Sebagai seorang fresh graduate tentunya pengalaman dan skill kamu ternilai mini. Untuk menutupi hal tersebut cobalah bergabung dengan komunitas bisnis. Mulailah berbaur dangan para senior dan mulai mengambil pelajaran dari mereka. Jika meungkinkan jangan ragu untuk meinta kesediaannya menjadu mentor kamu dalam menjalankan bisnis kamu.
  • Jangan Alergi dengan Pekerjaan Kantoran
    Memulai bisnis di usia muda bukan berarti kamu menutup kesempatan kamu untuk bekerja dengan orang lain. Jangan menutup diri untuk bekerja kantoran. Karena walau kamu telah bekerja, toh bisnis kamu masih bisa tetap kamu rintis. Hal ini akan semakin memudahan kamu dari permasalahan modal yang biasa didapat para pengusaha muda. Akan tetapi jangan sampai terlena dengan kondisi kantor. Hal ini tentunya akan bahaya bagi kamu yang ingin fokus menjalankan bisnismu.

Itulah dia tips sederhana untuk memulai bisnis di usia muda. Intinya, coba pikirkan dengan matang bagaimana target pasar, apakah sudah pas dengan apa yang kamu inginkan. Pikirkan pula apakah produk yang kamu jual sudah sesuai dan memang dibutuhkan oleh konsumen. jangan pernah takut gagal. Inilah yang juga menjadi poin plus bagi kamu yang melakukan bisnis di usia muda. Kamu tidak perlu takut gagal, karena gagal di usia muda itu lebih baik dibandingkan gagal di usia lanjut. Karena di usia muda posisi kamu tidak dalam posisi yang sudah dibekap banyak tuntutan dan tanggung jawab.

Baca juga : Pola Hidup Sehat untuk Anak Kos
Email Print