Makanan Yang Sebaiknya Dikonsumsi Saat Haid

Haid atau menstruasi biasanya berdampak pada berbagai jenis perubahan tubuh wanita setiap bulan. Saat haid, hormon wanita tidak stabil, begitu pun pada kebutuhan gizinya. Apakah kamu merasakannya? Apakah kamu mendadak ingin camilan manis seperti cokelat atau martabak? Nah, ini adalah beberapa efek samping dari haid. Lalu, makanan apakah yang dianjurkan dikonsumsi saat haid?

  1. Camilan sehat

Saat kamu sedang datang bulan, nafsu ngemil pasti tidak terkontrol. Nah, daripada kamu memakan camilan yang kurang sehat, kamu bisa menggantinya dengan yang lebih sehat seperti yoghurt, buah segar, dan bahan rendah kalori lainnya.

  1. Jamu atau berbahan dasar rempah

Makanan atau minuman dengan bahan dasar kunyit atau jahe ternyata baik untuk meredakan nyeri saat PMS. Jahe sendiri juga memikiki sifat anti radang yang ampuh untuk meredakan sakit perut saat atau sebelum menstruasi. Cukup dengan rebusan air jahe atau menambahkan jahe pada makanan akan bermanfaat untuk kamu.

  1. Makanan berserat

Makanan dengan serat yang tinggi seperti gandum baik untuk dikonsumsi wanita haid. Saat datang bulan, pencernaanmu biasanya akan ikut terganggu sehingga makanan berserat bisa membantu proses pencernaan agar baik seperti sebelumnya serta menghindari sembelit atau kembung.

  1. Kalsium

Wanita dalam masa haid juga dianjurkan untuk mengonsumsi kalsium yang cukup baik itu susu atau non susu. Buttermilk atau keju bisa jadi pilihan tepat untuk memberikan nutrisi kalsium pada tubuh.

  1. Sayuran hijau

Sayuran hijau mampu memberi asupan zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh ketika menstruasi. Kamu bisa mengonsumsi dalam keadaan mentah atau bisa dimasak. Selain itu sayuran hijau juga mampu meredakan nyeri menstruasi.

  1. Daging merah

Menstruasi menyebabkanmu kehilangan banyak darah sehingga kamu bisa mendapatkan penggantinya dari daging. Saat haid adalah waktu yang paling tepat untuk mengonsumsi daging. Selain itu daging merah bisa memberimu asupan energi yang cukup agar tubuhmu tidak terlalu lemas.

  1. Pisang

Pisang juga dikenal sebagai salah satu sumber terbaik potasium, kaya akan vitamin B dan melancarkan buang air besar. Kamu bisa mulai mengonsumsi 1-2 pisang setiap hari selama masa menstruasi untuk melawan nyeri.

Bagaimana tips makanan di atas? Cukup mudah kan? Selain mengonsumsi makanan tepat selama menstruasi, kamu juga dianjurkan untuk berolahraga lebih teratur agar tubuh tetap bugar. Jangan lupa juga untuk menjaga kesehatan dengan mengurangi risiko kuman masuk ke dalam tubuh melalui tangan. Bawa selalu Antis untuk membuat tangan selalu higienis setiap saat.

Email Print