Manado, Salah Satu Surganya Kuliner

Manado tak hanya terkenal dengan alam, budaya dan keramahan warganya. Kuliner Manado adalah salah satu alasan orang mengunjungi Manado. Jika Jogja cenderung manis, maka Manado ini cenderung pedas. Buat kamu yang suka dengan kuliner pedas, maka kamu cocok untuk menikmati kuliner Manado.

Kuliner Manado ini bermacam-macam, mungkin salah satu yang terkenal adalah Sambal Roa, cabe yang dicampur dengan ikan roa yang diasap hingga kering sekali dan dimasak dengan sedikit minyak. Nah, selain itu masih banyak kuliner yang perlu kamu tahu. Apa saja?

  1. Tinutuan

Makanan ini dibuat dari campuran berbagai sayuran hijau, dimasak dengan bubur beras dan labu kuning. Kuliner ini biasanya dinikmati saat pagi sebagai sarapan. Rasanya cenderung gurih saat menyentuh lidah.

  1. Cakalang Fufu

Pasti kamu tahu ikan cakalang. Di Manado, ikan cakalang segar diasapi (fufu) dan diolah menjadi berbagai menu. Salah satunya adalah cakalang fufu saus dan cakalang fufu santan. Biasanya menu ini disediakan di warung tradisional, namun banyak juga penjual yang menjual cakalng fufu yang belum diolah menjadi makanan.

  1. Dabu-dabu

Selain sambal roa, salah satu sambal yang terkenal adalah dabu-dabu. Sambal ini umumnya sangat pedas dan biasanya digunakan untuk mendampingi menyantap seafood. Ada berbagai jenis sambal dabu-dabu, seperti dabu-dabu bakar, dabu-dabu iris, dabu-dabu lemong dan dabu-dabu lilang.

  1. Woku Blanga

Woku ibarat rendang di Padang. Artinya woku merupakan salah satu cara orang Manado mengolah ikan. Disebut woku blanga karena biasanya dimasak di dalam belanga yang terbuat dari tanah liat. Woku sendiri merupakan campuran bumbu daun jeruj, daun pandan, daun kunyit, serai, kemangi dan bumbu lain sehingga membuat woku ini menjadi wangi, pedas dan segar. Ikan yang biasa dimasak woku adalah ikan kerapu, ikan nila, ikan mas, termasuk kepiting dan udang.

  1. Es Brenebon

Berpindah ke kuliner es, Es Brenebon adalah salah satu kuliner khas Manado. Brenebon adalah kacang merah, untuk itu Es Brenebon menggunakan bahan baku kacang merah.

  1. Gohu

Kuliner ini termasuk jenis asinan. Kuliner ini dibuat dari daging buah papaya mengkal yang diiris memanjang, dicampur cuka, air, cabe, gula aren, jahe dan fermentasi telur ikan. Asinan ini wajib banget kamu cobain.

Seru juga ya berbagai kuliner di Manado. Coba deh masukkan Manado sebagai salah satu kota yang wajib kamu kunjungi selama hidup. Jangan lupa juga, untuk membuat Antis sebagai teman setia kulinermu. Perlindungannya dari kuman, menyebabkan kulinermu tetap sehat dan tidak gampang sakit. Kamu bisa memilih Antis Timun atau Antis Jeruk Nipis sebagai pilihan teman kulinermu.

Email Print