Manfaat Aktif Berorganisasi Bagi Mahasiswa

Proses kuliah mahasiswa seharusnya tidak cuma duduk manis di kelas mendengarkan ceramah dosen, belajar dan lain sebagainya. Keaktifan mahasiswa diperlukan untuk masa depan yang lebih baik. Di saat kamu aktif di kampus, kamu memiliki kesempatan untuk bertemu orang banyak, belajar hal-hal lain di luar yang diajarkan oleh dosen. Kuliah itu tidak melulu harus disuap dengan ilmu akademis, tapi juga mahasiswa harus mandiri mendapatkan sumber ilmu pengetahuan serta pengalaman yang lain.

 

Pengertian aktif di sini juga termasuk aktif berorganisasi. Ternyata organisasi mempunyai banyak manfaat lho untuk mahasiswa jika aktif di dalamnya. Apa saja manfaatnya?

  1. Mengasah soft skill

Banyak orang mengabaikan soft skill, padahal soft skill ini berkaitan dengan kemampuan manajemen diri. Soft skill memudahkanmu untuk bekerja sama dengan orang lain, mengatur waktu, memimpin sebuah tim, mencapai target dan lain sebagainya.

  1. Memperluas network

Network sangat penting dibangun sejak dini. Dengan aktif berorganisasi, kamu akan mempunyai relasi yang lebih banyak, yang bisa kamu jadikan teman atau prospek di masa depan. Tak hanya teman satu kampus, kamu juga akan bisa mendapatkan kenalan di luar kampus, pebisnis dan lain sebagainya.

  1. Mendalami minat dan bakat

Aktif berorganisasi memungkinkanmu untuk mendalami minat. Misalnya ketika kamu mengikuti unit kegiatan mahasiswa fotografi, yang mungkin tidak diajarkan di kelas, kamu akan bisa mendalami hobimu di wadah komunitas yang benar. Hobi ini bisa jadi salah satu senjatamu untuk melengkapi CVmu kelak.

  1. Lebih peduli dengan sekitar

Organisasi memungkinkanmu untuk menumbuhkan kepekaan terhadap lingkungan sekitar. Mengikuti kegiatan relawan misalnya, kamu akan jauh lebih mengerti mengenai permasalahan apa yang ada di daerah tersebut hingga solusi apa yang tepat dan dibutuhkan masyarakat daerah itu. Pada akhirnya kamu juga bisa mengaplikasikannya di lingkungan sekitarmu.

  1. Mempersiapkan diri dalam dunia kerja

Tim HRD sebuah perusahaan tak hanya melihat ijazah beserta nilai yang kamu dapatkan selama kuliah, tapi juga berusaha melihat apa saja kegiatan yang kamu lakukan. Pertimbangan ini menjadi penting untuk menilai apa yang bisa kamu kontribusikan ke perusahaan.

Masih banyak lagi manfaat aktif berorganisasi untuk mahasiswa. Sisanya, kamu akan dapatkan ketika kamu sudah terjun berorganisasi. Aktif berkegiatan juga meningkatkan risiko kuman masuk ke dalam tubuh karena kamu memegang banyak benda di berbagai tempat. Yang pasti, jaga kesehatanmu dengan senantiasa menyemprotkan Antis Lucky Charm ke tanganmu supaya risiko kuman masuk menurun. Jadi siap untuk aktif berorganisasi setelah membaca artikel ini? Share artikel ini ke teman-temanmu yuk!

Email Print