Berbagai Manfaat Donor Darah Yang Perlu Kamu Tahu
donor darah

Darah merupakan sumber kehidupan manusia. Darah merupakan cairan di dalam tubuh yang berfungsi untuk mengangkut oksigen yang diperlukan oleh sel-sel di seluruh tubuh. Darah juga menyuplai jaringan tubuh dengan nutrisi, mengangkut zat-zat sisa metabolisme, dan mengandung berbagai bahan penyusun sistem imun yang bertujuan mempertahankan tubuh dari berbagai penyakit. Hal ini menyebabkan keberadaan darah cukup vital bagi manusia.

Beberapa pasien yang sedang menjalani pengobatan terkadang membutuhkan banyak darah. Adapun beberapa kondisi yang membutuhkan donor darah seperti kecelakaan, transplantasi organ, atau memiliki penyakit seperti kanker, anemia, anemia sel sabit, hemofilia, dan lain sebagainya. Kebutuhan akan daraah tersebut dapat dipenuhi melalui transfusi darah yang telah didonorkan mereka yang memiliki kesehatan prima melalui Palang Merah Indonesia (PMI).

PMI merupakan sebuah organisasi perhimpunan nasional di Indonesia yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan. Proses pembentukan PMI dimulai 3 September 1945 saat itu Presiden Soekarno memerintahkan Dr. Boentaran (Menkes RI Kabinet I) agar membentuk suatu badan Palang Merah Nasional. Tepat pada tanggal 17 September 1945 terbentuklah Pengurus Besar Palang Merah Indonesia (PMI) dengan ketua pertama, Drs. Mohammad Hatta. Sejak saat itu 17 September biasa diperingati sebagai hari Palang Merah Indonesia.

Bagi pasien mendapatkan darah dapat menyelamatkan kehidupan mereka. Bagi pendonor juga terdapat manfaat kesehatan dibalik kegiatan donor tersebut. Dengan melakukan donor darah, kita memberikan sedikit darah dari dalam tubuh agar dapat dimanfaatkan guna membantu orang lain. Sekitar 480 ml darah diambil dari dalam tubuh ketika kamu melakukan donor darah. Setelah diperiksa dan diuji keamanan serta kelayakannnya, darah tersebut kemudian akan diberikan kepada pasien yang membutuhkan. Berikut merupakan beberapa manfaat donor darah yang bisa kamu rasakan jika kamu melakukan donor darah.

1. Kesehatan Jantung dan Aliran Darah lebih terjaga
Melakukan donor darah dapat membantu memperlancar aliran darah hingga mencegah penyumbatan arteri. Suatu penelitian menunjukkan bahwa jika seseorang rajin mendonorkan darah mampu menurunkan risiko serangan jantung hingga 88%. Menurut seorang dokter bahkan, mendonorkan darah membuat kita jarang sakit dan terhindari dari kanker, stroke, dan serangan jantung. Ketika kamu rutin menjalankan donor darah, kadar zat besi dalam tubuh kamu akan menjadi lebih stabil. Kadar zat besi dalam darah yang tinggi dapat membuat kamu rentan terkena penyakit jantung.

2. Meningkatkan produksi sel darah merah
Ketika melakukan donor darah, sel darah merah akan berkurang. Sumsum tulang belakang pun segera memproduksi sel darah merah baru guna menggantikan yang hilang. Tubuh pun sudah dapat menggantikan darah sel-sel darah merah yang hilang ketika didonorkan dalam beberapa minggu. Jika kamu rutin melakukan donor darah, berarti kamu membuat tubuh kamu menstimulasi pembentukan darah baru yang segar

3. Menyelamatkan nyawa
Dengan melakukan donor darah akan ada banyak nyawa bisa diselamatkan dan banyak harapan bisa diberikan. Darah yang telah kamu donorkan dapat diberikan kepada pasien darurat medis seperti korban kecelakaan, pasien operasi besar, penderita kanker atau kelainan darah, atau bahkan bayi baru lahir dengan kondisi medis tertentu.

Baca juga : Palang Merah Indonesia (PMI) dan Peranannya Bagi Bangsa

Itulah dia beberapa manfaat yang bisa kamu dapat jika kamu melakukan donor darah. Jadi mulai sekarang lakukan donor darah agar kamu dapat menerima manfaatnya. Karena donor darah tidak hanya memberikan manfaat kepada para penerima darah, tetapi juga kepada para pemberinya.”

Email Print