Maraknya Joki Skripsi, Menguntungkan atau Merugikan?
joki skripsi, perkuliahan

Dalam dunia perkuliahan, skripsi masih menjadi momok yang menakutkan. Banyak mahasiswa yang telat lulus akibat proses skripsinya yang terhambat. Melihat peluang itu, hadirlah bisnis joki skripsi. Bisnis ini menjawab keresahan para mahasiswa yang sudah lelah terhadap skripsi. Namun, banyak pro kontra yang berdatangan karena joki skripsi tidak baik untuk mahasiswa itu sendiri. Benarkah demikian?

Alasan Sulitnya Menyelesaikan Skripsi

Saat awal masuk kuliah, pasti tidak pernah terbayang betapa sulitnya untuk menyelesaikan skripsi. Namun, seiring berjalannya waktu, ketika tingkat akhir tiba dan skripsi menjadi suatu kewajiban, barulah mengerti kenapa skripsi selalu menghantui para mahasiswa.

Banyak faktor yang menyebabkan sulitnya menyelesaikan skripsi, di antaranya seperti judul yang sulit diterima oleh dosen, tekanan mental dari orang-orang terdekat, revisi tiada henti, dan juga terlalu banyak bersantai dengan menganggap skripsi itu mudah.

Hal ini yang membuat orang-orang yang ahli dalam bidang tersebut mencoba peruntungannya menjadi joki skripsi. Sama seperti hal lain, joki skripsi memiliki keuntungan dan kerugian bagi setiap mahasiswa. Lantas, apa untung rugi menggunakan joki skripsi?

Keuntungan Joki Skripsi

Walaupun tidak baik, tapi sebenarnya joki skripsi memiliki sedikit keuntungan bagi mahasiswa. Keuntungan utama menggunakan jasa joki skripsi, pastinya mahasiswa tidak perlu lagi pusing-pusing memikirkan proses dari skripsi tersebut dari awal sampai akhir. Mahasiswa hanya berperan sebagai perantara saja mengantarkan skripsi tersebut kepada dosen untuk diperiksa.

Selain itu, ternyata ada alasan lain mengapa tidak sedikit mahasiswa yang menggunakan jasa tersebut. Tingginya biaya kuliah menjadi salah satu alasan mahasiswa menyewa jasa skripsi. Bisa dibayangkan, rata-rata perguruan tinggi biasanya mematok biaya di atas 3 juta rupiah untuk biaya per semester. Belum lagi biaya hidup yang harus ditanggung oleh mahasiswa selama menjalani masa perkuliahan. Oleh karena itu, semua mahasiswa pastinya ingin cepat-cepat lulus agar tidak terbebani dengan biaya yang tinggi lagi.

Kerugian Joki Skripsi

Tentu saja, apapun alasan untuk menggunakan jasa joki skripsi, hal tersebut tidak bisa dibenarkan. Dibandingkan dengan keuntungannya, kerugian yang nantinya kamu dapatkan sangatlah besar, bahkan sampai bisa berakhir dibui. Hal-hal merugikan dari jasa ini antara lain:

  • Mudah diragukan keasliannya.
  • Jika ketahuan menggunakan jasa joki skripsi, proses skripsi harus diulang dari awal.
  • Jika ketahuan setelah lulus, gelar dapat dicabut.
  • Bisa dibui karena melanggar pasal 378 KUHP yaitu melakukan tindak kecurangan.

Selain itu, menggunakan joki skripsi juga dapat berpengaruh terhadap masa depan mahasiswa itu sendiri, karena dengan mengerjakan skripsi, mahasiswa dilatih untuk berpikir kritis, pantang menyerah, kerja keras, dan banyak makna lain dari mengerjakan skripsi sendiri. Dan hal tersebut berguna setelah lulus nanti dalam menghadapi dunia yang sebenarnya.

Jadi, apa pun alasannya, menggunakan joki skripsi tidaklah benar sama sekali. Kerugian yang didapatkan jauh lebih banyak dibandingkan keuntungan yang didapatkan. Jadi, semua mahasiswa sebaiknya berjuang menyelesaikan skripsinya sendiri tanpa menggunakan jalan pintas joki skripsi yang sudah pasti banyak merugikan.

Nah, yang namanya mengerjakan skripsi tentunya tangan kamu harus selalu menyentuh keyboard PC ataupun laptop. Supaya terhindar dari serangan kuman dan bakteri ada baiknya kamu selalu menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan menggunakan air dan sabun.

Tapi, kalau kamu merasa cuci tangan itu agak ribet maka bisa menggunakan Antis Hand Sanitizer yang terbukti ampuh membunuh kuman. Tersedia dengan berbagai varian yang harum dan memiliki bentuk yang minimalis sehingga mudah dibawa kemanapun kamu pergi.

Email Print