Melirik Perbedaan Virus Corona, MERS dan SARS

Saat ini Virus Corona sedang menjadi pusat perhatian dunia international, hal ini disebabkan oleh banyaknya jumlah korban yang telah meninggal akibat virus ini,  Dilansir dari situs WHO  virus corona masih termasuk kedalam virus yang mengakibatkan flu ringan hingga serius serta terkait dengan penyakit MERS dan SARS.  Lalu apa perbedaan dari Virus Corona yang berkembang di Wuhan, China dengan MERS & SARS? Berikut penjelasanya.

Virus Corona 2019-nCoV

Virus Corona yang bisa disebut Novel Coronavirus atau juga 2019-nCoV, adalah virus yang muncul pertama kali di daerah Wuhan, China. Dari beberapa informasi, virus ini diakibatkan oleh binatang seperti kelelawar dan ular, Diduga Novel Coronavirus masuk kedalam tubuh manusia melalui makanan atau kontak dari binatang tersebut, hingga saat ini korban meninggal akibat Virus 2019-nCov berkisar diangka 1170 orang.

SARS-COV

SARS adalah singkatan dari Severe Acute Respiratory Syndrome, SARS muncul pertama kali pada tahun 2002, di China. Seperti Virus Corona 2019-nCoV, SARS diakibatkan oleh binatang kelewar yang terinfeksi dari binatang musang selajutnya virus tersebut menular ke manusia, dari beberapa informasi virus ini bisa dikatakan lebih ringan dari Virus Corona-nCov, tercatat  774 korban meninggal dalam kurun waktu 2002 – 2004. SARS memiliki gejala seperti demam, batuk kering, tubuh mengigil hingga timbul sakit dibagian dada.

MERS

MERS adalah singkatan dari Midle East Respitory Syndrome Coronavirus, MERS muncul pertama kali pada tahun 2012 di wilayah timur tengah, virus MERS diduga dibawa oleh binatang kelelawar dan ditularkan melalui unta, sebelum menular kepada manusia. Manusia bisa terjangkit MERS dikarenakan mengkonsumsi susu dan daging unta. Seseorang yang terjangkit MERS memiliki gejala seperti demam, batuk, diare serta gangguna pernapasan, Wabah penyakit ini merenggut korban jiwa sekitar 44 orang di negara Arab Saudi.

Jika dilihat dari penjelasan diatas virus  Virus Corona 2019-nCoV, SARS & MERS memiliki perbedaan di daerah awal kemunculan dari virus tersebut dan proses penularannya, namun memiliki persamaan yaitu sama – sama ditularkan dari hewan seperti kelelawar, ular & unta.

Lalu bagaimana cara mencegah tubuh kita terserang virus ?

Pasti setelah membaca informasi diatas ada rasa khawatir terjangkit virus diatas, untuk itu berikut ini adalah tips yang bisa kamu lakukan untuk mencegah virus masuk ke tubuh.

  1. Sering – seringlah mencuci tangan kamu setelah kamu beraktivitas, cuci tangan bisa dengan sabun atau pun dengan hand sanitizer seperti Antis Anti Kuman, dengan cara ini tangan kamu akan tetap bersih dan terbebas dari kuman atau virus.
  2. Hindari dulu nih bersentuhan dengan hewan liar dan unggas.
  3. Jangan menyentuh hidung, wajah atau mulut kamu dalam keadaan kotor.
  4. Tutup hidung dan mulut ketika bersin dengan tisu, lalu buang tisu ketempat sampah dan cuci tangan kamu.
  5. Gunakanlah masker jika kamu sedang sakit, dan langsung berobat ke klinik atau puskesmas untuk mendapatkan pengobatan secara dini.
Email Print