Membagi Waktu Antara Kerja dan Keluarga? Bisa Kok Dengan Cara Ini

Bekerja itu memang salah satu tuntutan dalam hidup, namun apakah bekerja harus mengorbankan waktu bersama keluarga? Bekerja terlalu keras, pulang larut malam, keluarga sudah tidur dan besok paginya kamu sudah berangkat kerja lagi. Belum lagi kalau akhir pekan harus lemburan beberapa pekerjaan. Jika kamu sudah mengalami hal ini, maka bisa disimpulkan bahwa pembagian waktumu antara kerja dan keluarga kurang seimbang.

Kamu bisa melakukan beberapa tahap dan cara di bawah ini agar bisa menyeimbangkan waktu bekerja dan keluarga

  1. Introspeksi

Cobalah introspeksi diri, apakah kamu bekerja terlalu keras, berapa jam untuk kantor dan untuk keluarga, kapan terakhir kali menikmati waktu bersama pasangan atau anak, dan lain sebagainya. Ketika keasyikan bekerja, bisa jadi kamu tidak sadar bahwa waktumu tidak seimbang.

  1. Merencanakan jadwal

Perencanaan jadwal ini penting untuk menyeimbangkan waktu, misalnya, untuk acara rutin bersama keluarga, menonton film di akhir pekan, atau liburan tahunan. Usahakan untuk tidak melanggar rencana yang sudah kamu buat demi pekerjaan.

  1. Forsir pekerjaan

Jangan terlalu memforsir pekerjaanmu jika hal tersebut masih bisa didelegasikan ke stafmu. Usahakan untuk membagi pekerjaan pada tim, hindari untuk mengerjakan sendiri semuanya. Dengan begitu, kamu akan mempunyai waktu untuk beristirahat dan bermain bersama keluarga.

  1. Atur waktu lebih efisien

Selesaikan pekerjaanmu tanpa harus menunggu deadline. Jangan biarkan pekerjaan menumpuk karena itu hanya akan membuatmu panik dan memikirkan pekerjaan yang belum selesai. Deadline seringkali menjadi alasan untuk membatalkan acara keluarga.

  1. Ambil cuti

Jika kamu diberikan jatah cuti, silahkan gunakan cuti tersebut untuk keluarga. Kamu bisa menghabiskannya dengan berlibur bersama keluarga. Tinggalkan laptop sejenak dan nikmatilah bahagianya keluarga bersamamu di tempat liburan.

  1. Melihat tawaran pekerjaan lain

Jika pekerjaanmu tetap saja membuatmu tidak bisa bersama keluarga, maka kamu harus melihat tawaran pekerjaan lain yang mungkin saja mampu membuat waktumu lebih seimbang. Ingat, keluarga tetap nomor satu.

Kalau kamu sudah melewati step-step di atas ini, kamu akan menjalani hidup yang lebih seimbang, keluarga bahagia, bos pun juga akan puas. Intinya, keseimbangan hidupmu tergantung pada seberapa baik kamu mengatur waktu. Ingat, kesehatan juga perlu dijaga agar kamu tetap sehat di rumah dan di kantor. Biarkan Antis Lucky Charm turut menjaga kesehatanmu dengan perlindungannya dari kuman. Bagikan artikel ini ke media sosial kamu ya dan ingatkan teman-temanmu untuk menyeimbangkan waktu mereka

Email Print