Mengabadikan Perjalanan Liburanmu Dengan Tulisan dan Tipsnya!

Menulis itu hal yang menyenangkan lho. Banyak yang bilang abadikanlah momen berhargamu dalam sebuah tulisan. Namun untuk beberapa orang menulis itu terkesan melelahkan, apalagi untuk mereka yang tidak tahu harus memulai dari mana. Bagi seorang traveler, pasti kamu mempunyai banyak sekali momen untuk diceritakan. Banyak pengalaman yang bisa menginspirasi orang, ujung-ujungnya ceritamu bisa dijadikan referensi oleh banyak orang.

Menjadi travel writer, susah-susah gampang lho. Karena tulisanmu haruslah menarik untuk dibaca sampai habis, syukur pembaca mau membagikan tulisanmu di media sosial mereka. Nah, ada beberapa tips untuk menulis tentang traveling yang pastinya akan menuntunmu membuat tulisan yang baik.

  1. Tentukan tujuanmu

Dalam sebuah tulisan yang baik, haruslah mengandung tujuan. Misalnya kamu ingin menulis tentang Jepang, persempitlah tujuanmu menjadi hal-hal yang tidak boleh kamu lakukan di Jepang. Tujuan tulisan akan membantumu untuk menulis lebih lancar karena kamu bisa membaginya menjadi step by step.

  1. Cerita yang jelas

Mungkin kamu pernah mendapatkan pelajaran dasar mengenai menulis di sekolah, seperti paragraf, kalimat induk hingga kalimat majemuk. Yuk praktekkan! Bagilah struktur tulisanmu menjadi pengantar, inti konten (seperti tips dan langkah-langkah), lalu penutup. Hal ini akan mempermudahmu untuk mengantarkan pembaca pada bacaan yang lebih menarik untuk disimak.

  1. Judul dan paragraf utama yang menarik

Tentu saja kamu juga harus membuat judul yang menarik, misalnya Lima Gunung Yang Seru Untuk Didaki (link http://antisantikuman.com/lima-gunung-yang-seru-untuk-didaki/). Dengan mengarahkan pembaca pada poin-poin, tentu saja akan lebih menarik. Selain itu kamu juga perlu untuk membuat paragraf utama yang menarik, yang mampu membuat pembacamu lebih penasaran.

  1. Jangan pamer

Tulisanmu ini bertujuan untuk menginspirasi, sehingga kamu tidak boleh terkesan pamer. Dengan berbagi itinerary, kamu bisa berbagi hal-hal yang lebih berguna pada pembaca daripada sekadar pamer. Misalnya, kamu merekomendasikan barang-barang yang wajib dibawa ketika traveling seperti kamera mirrorless, sneakers yang keren, hingga Antis Hand Sanitizer untuk mengurangi risiko kuman masuk ke tubuh dan membuatmu tetap sehat selama traveling.

  1. Percakapan membuat berimajinasi

Ketika kamu menyisipkan dialog dalam tulisanmu, kamu akan membantu pembaca untuk membayangkan adegan dan perjalananmu tersebut. Percakapan juga membuat tulisanmu lebih menghibur lagi.

Itu dia lima tips untuk membuat sebuah tulisan traveling yang baik. Kamu punya tips lainnya? Yuk bagikan di sini!

Email Print