Mengenal Rendang, Jawara Makanan Lezat
rendang

Beberapa waktu lalu rendang kembali mengharumkan nama bangsa, dengan berhasil terpilih sebagai makanan terlezat nomor satu di dunia berdasarkan survei CNN. Prestasi hidangan khas Sumatera Barat ini di ikuti oleh Nasi Goreng yang juga merupakan salah satu olahan populer di negeri ini. Sebagai jawara makanan lezat, tentunya mengenal Rendang memiliki sejarah yang panjang. Bagi masyarakat Minang, Rendang tentunya sudah ada sejak dahulu dan biasa dihidangkan dalam berbagai acara adat maupun hidangan harian. Sebagai makanan tradisi, ternyata rendang diduga sudah ditemukan sehak masyarakat Minang menggelar acara pertamanya lho. Buat kamu yang berasal dari Minang tentunya ini merupakan kebanggan tersendiri.

Sebagai jawara makanan lezat sedunia, proses pembuatannya tentu melalui tahapan yang tidak mudah. Untuk menghasilkan rendang dengan tekstur dan rasa yang tepat perlu ketelitian yang khusus dalam mengolah Rendang. Setiap tahapan pengolahannya perlu mendapatkan perhatian yang detail. Tidak hanya sekedar memperhatikan pemilihan bahan seperti daging bumbu dan lainnya, akan tetapi juga perlu memperhatikan tingkat penggunaan api, dan proses pengadukan. Adapun seni memasak rendang ini kemudian berkembang ke kawasan-kawasan serantau yang berbudaya Melayu lainnya, mulai dari Mandailing, Riau, Jambi, hingga ke negeri seberang. Oleh karena itu mengenal rendang kemudian dikenal luas baik di sekitar Sumatera hingga Semenanjung Malaya. Hal ini pula yang menyebabkan rendang kini dapat kamu temui di berbagai Rumah Makan Padang di seluruh dunia. Selain itu rendang hingga kini juga semakin populer tak hanya di kalangan masyarakat Indonesia tetapi juga negara-negara di Asia Tenggara, seperti Malaysia, Singapura, Brunei, Filipina, dan Thailand.

Dikutip dari berbagai sumber, salah seorang sejarawan Prof. Dr. Gusti Asnan menduga, rendang telah menjadi masakan yang tersebar luas sejak orang Minang mulai merantau dan berlayar ke Malaka untuk berdagang pada awal abad ke-16. Menurutnya, Rendang saat itu dinilai menjadi pilihan yang tepat untuk menjadi bekal perjalanan merantau yang amat panjang. Rendang secara umum dibagi kedalam dua jenis, yakni Rendang Basah dan Rendang Kering. Rendang Basah, atau lebih tepatnya disebut Kalio, adalah rendang yang dimasak dalam waktu yang lebih singkat, santan belum begitu mengering sempurna, dan dalam suhu ruangan hanya dapat bertahan dalam waktu kurang dari satu minggu.

Baca juga : Gel Pembersih Bakteri di Tangan Tanpa Air

Sementara itu yang dimaksud Rendang Kering ialah Rendang sejati dalam tradisi memasak Minang. Rendang ini dimasak dalam waktu berjam-jam lamanya hingga santan mengering dan bumbu terserap sempurna. Biasanya Rendang Kering berwarna lebih gelap agak coklat kehitaman. Apabila dimasak dengan tepat, Rendang Kering dapat tahan disimpan dalam suhu ruangan selama tiga sampai empat minggu lho. Mengenal Rendang Kering bahkan dapat bertahan hingga lebih dari sebulan jika disimpan di kulkas, dan enam bulan jika dibekukan. Itulah sekilas makanan lezat asli Indonesia yaitu Rendang. Setelah membaca artikel ini, pasti kalian ingin segera mencicipi Rendang. Eiitss, tunggu dulu, siapkan pembersih tangan sebelum mencicipi Rendang ya!

Email Print