Mengenal Wisata Halal Lebih Dekat

Istilah wisata halal cukup menyeruak beberapa tahun ini. Sebenarnya konsep wisata halal tidak jauh berbeda dengan wisata pada umumnya. Konsep ini diangkat agar memudahkan wisatawan muslim yang jumlahnya cukup besar untuk memenuhi kebutuhan wisata mereka. Wisata halal ini sebenarnya konsep pariwisata yang sangat berpotensi, karena populasi muslim diprediksi bisa mencapai 26,5% di seluruh dunia.

Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia bisa memanfaatkan potensi ini. Sudah digodok bertahun-tahun lalu, Indonesia pernah meraih penghargaan dari The World Halal Travel Summit and Exhibition 2015 yang diselenggarakan di Abu Dhabi. Saat itu yang mendapatkan predikat destiasi wisata halal terbaik adalah Lombok. Wisata halal dianggap sebagai extended service yang menyediakan destinasi yang fasilitasnya ramah bagi wisatawan muslim.

Ada 6 kebutuhan pokok wisatawan muslim yang harus dipenuhi dalam sebuah konsep wisata halal

  1. Makanan halal

Destinasi tersebut haruslah bebas dari alkohol, daging babi dan kuliner lain yang diharamkan dalam konsep Islam.

  1. Fasilitas ibadah

Karena umat Islam punya lima waktu shalat, destinasi wisata tersebut haruslah menyediakan fasilitas ibadah yang mudah ditemukan dan dijangkau oleh wisatawan muslim.

  1. Kamar mandi dengan air wudhu

Konsep kamar mandi dengan air wudhu penting untuk mereka yang ingin menjalankan ibadah. Untuk itu, di destinasi halal umumnya kamar mandi umumnya dilengkap dengan fasilitas wudhu.

  1. Pelayanan saat Ramadan

Saat bulan Ramadan tiba, wisatawan muslim bisa dipermudah menjalankan ibadah dengan mudahnya mencari santapan sahur ataupun buka.

  1. Label non-halal untuk makanan non-halal

Tentunya, jika ada makanan yang tidak halal, restoran atau rumah makan tersebut harus menyediakan label non-halal sebagai peringatan untuk wisatawan muslim.

  1. Fasilitas yang menjaga privasi

Konsep-konsep tempat rekreasi haruslah bisa menjaga privasi baik untuk pria dan wanita. Seperti misalnya kolam renang yang terpisah antara kaum adam dan kaum hawa.

Nah, sekarang kamu bisa berwisata tanpa rasa untuk beberapa destinasi wisata halal di Indonesia. Yang penting selama berwisata, tetap jaga kesehatan dengan menggunakan Antis Hand Sanitizer yang mampu membunuh kuman dengan cepat. Antis juga halal dan praktis lho untuk digunakan.

Email Print