Menjadi “Kutu Loncat” Dalam Karir

Millennial   disebut-sebut sering menjadi “Kutu Loncat” dalam karir. Ada fenomena di mana banyak millennial melakukan job hoping atau berpindah-pindah tempat kerja. Fenomena ini menjadi salah satu pertimbangan perusahaan dalam merekrut karyawan millennial . Namun ada alasan tersendiri bagi millennial  melakukan job hopping.

  1. Jenjang karir

Jenjang karir pasti penting untuk semua yang bekerja. Siapa yang tidak ingin jenjang karirnya bagus? Semua pasti ingin, namun millennial  memiliki keinginan yang lebih besar lagi. Mereka ingin kesempatan mengembangkan keahlian diri. Mereka akan terus mencari pekerjaan yang mampu membantu mengembangkan diri mereka. Di perusahaan besar seringkali mereka yang masih muda kesulitan untuk naik ke posisi selanjutnya, karena jumlah karyawan yang sangat banyak. Untuk itu mereka mencoba setahun dua tahun bekerja, kemudian melihat peluang yang lain.

  1. Kurangnya aktualisasi diri

Millennial  akan lebih memilih tempat kerja yang bisa memberi mereka ruang mengaktualisasikan diri. Keputusan-keputusan di perusahaan besar biasanya diambil dari mereka yang sudah lama bekerja dan menempati posisi yang tinggi. Padahal millennial  juga mempunyai ide-ide yang segar yang bisa berkontribusi untuk pekerjaan. Ajak millennial   ini terlibat untuk menyumbangkan ide dan masukan, serta aktif untuk membuat mereka merasa dihargai.

  1. Pengakuan

Tidak ada satu pun orang yang senang kalau tidak diakui. Semua ingin diakui. Perusahaan perlu memberi respon atas apa yang dilakukan para pekerja muda mereka, membuatnya merasa penting. Bahkan ketika komunikasi sebaiknya dilakukan satu per satu agar mereka merasa diperlukan oleh perusahaan. Namun, ketika perusahaan merasa tidak perlu melakukan pendekatan personal ke setiap karyawannya, ini menjadi hal yang kurang nyaman bagi millennial.

  1. Belajar sesuatu yang baru

Di setiap perusahaan selalu menawarkan hal yang baru untuk dipelajari. Ini yang menjadi menarik untuk millennial . Selain itu, di saat bekerja, millennial  cenderung lebih tertarik untuk memiliki lebih dari satu pekerjaan, yang mana satunya lagi adalah pekerjaan sampingan. Hal ini selain untuk menambah penghasilan, juga memberikan mereka kesempatan belajar.

Jadi, tidak apa-apa jika kamu disebut “kutu loncat” karena memang kamu harus meningkatkan karirmu. Apakah kamu juga seperti ini? Yuk share artikel ini jika kamu merasakan alasan yang sama.

Email Print