Menjaga Kesehatan Tubuh Ketika Banjir
banjir, cuci tangan, hand sanitizer

Akhir-akhir ini, cuaca memang sedang tidak bersahabat. Curah hujan yang tinggi, menyebabkan banjir terjadi di mana-mana. Tentunya, dengan banjir yang terjadi, memiliki beberapa dampak negatif, seperti terhambatnya aktivitas, banyak barang yang rusak akibat genangan air, sampai menimbulkan penyakit.

Penyakit yang biasa muncul ketika banjir datang adalah diare. Air banjir adalah air kotor yang sudah tercampur berbagai macam bakteri. Lingkungan yang kotor juga berperan dalam penyebab diare. Selain diare, penyakit kencing tikus, asam lambung, DBD, infeksi kulit, flu, hipotermia, dan demam juga banyak ditemui. Penyebabnya sama, yaitu karena genangan air banjir. Lantas, bagaimana cara agar terhindar dari penyakit saat banjir?

Cara Menjaga Kesehatan Saat Banjir

Penyakit-penyakit yang muncul saat banjir pasti meresahkan. Perlu menjaga kesehatan agar tidak mudah terjangkit penyakit. Berikut langkah-langkah menjaga kesehatan ketika banjir datang, antara lain :

  1. Jangan beraktivitas di sekitar banjir

Air banjir penuh bakteri dan kuman yang menjadi penyebab banyak penyakit. Sebaiknya, kurangi aktivitas yang banyak terkontaminasi air banjir. Apalagi jika memiliki penyakit dengan luka terbuka. Jika terpaksa harus beraktivitas di lingkungan yang tergenang air banjir, maka sebaiknya gunakan sarung tangan dan sepatu boots untuk melindungi diri.

  1. Ganti pakaian basah dengan pakaian kering

Hipotermia adalah kedinginan yang berlebihan. Seseorang dalam keadaan basah yang terlalu lama menjadi salah satu penyebab hipotermia muncul. Oleh karena itu, jangan berlama-lama bermain di genangan air banjir yang bisa menyebabkan kedinginan berlebihan. Pastikan untuk selalu mengganti baju jika pakaian yang digunakan telah basah.

  1. Konsumsi makanan dan minuman yang higienis

Makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh harus dipastikan kebersihannya. Karena jika tidak bersih, seseorang akan mudah terjangkit penyakit. Saat banjir, banyak bakteri yang bisa mengganggu kesehatan kapan saja. Salah satunya adalah melalui makanan. Jadi, pastikan jangan makan sembarangan. Semua makanan yang dikonsumsi harus higienis agar terhindar dari ancaman penyakit.

  1. Perbanyak minum air putih

Manfaat air putih memang tidak perlu diragukan lagi. Di hari-hari biasa, kita sudah diwajibkan untuk minum air putih minimal 8 liter per hari. Apalagi saat banjir, dimana kondisi tubuh membutuhkan asupan yang lebih banyak agar tetap fit. Asam lambung pada tubuh harus tetap dijaga dan tetap seimbang dengan cara minum air putih yang cukup.

  1. Biasakan diri mencuci tangan menggunakan sabun antiseptik atau hand sanitizer

Aktivitas yang dilakukan saat banjir hampir dipastikan selalu terkontaminasi dengan barang-barang sekitar yang tidak diketahui kehigienisannya dan bakteri akan selalu muncul. Sebelum mengkonsumsi makanan, sebaiknya mencuci tangan dengan sabun antiseptic atau menggunakan Antis Hand Sanitizer agar bakteri pada tangan tidak ikut serta dengan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Menjaga kesehatan tubuh saat banjir memang sangat penting karena pada kondisi ini banyak sekali penyakit yang bisa menyerang tubuh yang lemah. Jadi, pastikan untuk selalu menjaga kondisi tubuh tetap fit dengan cara mencuci tangan dengan Antis Hand Sanitizer agar tidak mudah terserang oleh beragam penyakit yang umum terjadi saat musim hujan atau saat banjir.

Email Print