Objek Wisata Seru, di Sekitaran Malioboro
malioboro

Pusat oleh-oleh Khas Yogyakarta dapat kamu temui pula di sekitaran Jalan Malioboro. Tak hanya itu, rupanya disekitaran jalan ini banyak tempat wisata yang indah lho. Jika kamu berkunjung ke Yogyakarta dan sedang bermain di sekitaran Jalan Malioboro, berikut kami rangkumkan beberapa tempat wisata yang wajib kamu kunjungi.

Jalan Malioboro merupakan salah satu jalan di Kota Yogyakarta yang sudah menjadi ikon dari wisata Yogyakarta itu sendiri. Jalan yang membentang dari Stasiun Tugu hingga ke perempatan Kantor Pos Yogyakarta atau yang dikenal dengan titik nol KM Jogja tersebut selalu dipadati oleh wisatawan baik lokal maupun asing. Jalan Malioboro ini selalu ramai baik siang hingga malam hari. Bahkan di malam hari jalan ini semakin cantik dihiasi lampu jalan dan lampu-lampu kendaraan.

  1. Taman Sari
    Tamansari Ngayogyakarta adalah situs bekas taman atau kebun istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, yang dapat dibandingkan dengan Kebun Raya Bogor sebagai kebun Istana Bogor. Dengan luas lebih dari 10 Hektare, kamu bisa menemukan sekitar 57 bagunan baik berupa gedung, kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air, maupun danau buatan beserta pulau buatan dan lorong bawah air.
  2. Kraton Yogyakarta
    Kraton Yogyakarta merupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang berlokasi di jantung kota Yogyakarta. Komplek keraton ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal sultan dan rumah tangga istananya yang masih menjalankan tradisi kesultanan hingga saat ini. Di kompleks kraton, kamu bisa menemukan museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kesultanan, termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, kereta kencana dan gamelan pun dapat kamu temui di sini. Kini, Kraton merupakan salah satu objek wisata favorit yang paling sering dikunjungi di kota Jogja.
  3. Tugu Yogyakarta
    Monumen yang sering dipakai sebagai simbol atau lambang dari kota Yogyakarta ini, dibangun oleh pemerintah Belanda setelah tugu sebelumnya runtuh akibat gempa yang terjadi waktu itu. Tugu sebelumnya yang bernama Tugu Golong-Gilig dibangun oleh Hamengkubuwana I, pendiri kraton Yogyakarta. Tugu ini mempunyai nilai simbolis dan merupakan garis yang bersifat magis menghubungkan laut selatan, Kraton Jogja, dan Gunung Merapi. Konon Sultan Yogyakarta pada waktu itu menggunakan tugu ini sebagai patokan arah menghadap puncak gunung Merapi pada saat melakukan meditasi.
  4. Kampung Cyber
    Kampung Cyber yang terkenal di Jogjakarta ini adalah salah satu desa atau kampong yang telah didesain oleh Pemda DIY bersama dengan warga setempat untuk dijadikan sebuah objek wisata. Sebenarnya kampung ini hanya memiliki satu RW saja yang berada di area kampung wisata pemandian Taman Sari. Kampung Cyber semakin populer dan mendunia bahkan kampung ini telah diblusuki oleh pendiri Facebook atau CEO Facebook, yakni Mark Zuckerberg.
  5. Taman Pintar Yogyakarta
    Taman Pintar Yogyakarta merupakan salah satu wahana bermain sekaligus belajar untuk anak-anak yang disediakan oleh pemerintah kota Yogyakarta. Disini kamu bisa akan disuguhkan dengan berbagai sarana pembelajaran sains bagi siswa yang mendukung kurikulum pendidikan serta memotivasi anak dan generasi muda untuk mencintai sains. Wahana bermain yang berada di sebelah timur jalan Malioboro ini menyediakan berbagai wahana permainan yang mendidik, sekaligus juga akan membuat buah hati kamu merasa senang.

Itu lah beberapa tempat wisata disekitaran malioboro yang wajib kamu kunjungi. Nah, jadi jangan sampai lupa untuk menyisakan sedikit waktu dan tenaga untuk berkeliling ke tempat wisata seru di sekitar Jalan Malioboro ini ya.

Email Print