Oh, Jadi Ini 7 Jurusan Kuliah Baru Yang Potensial di Masa Depan

Mencari kerja bukan perkara mudah. Kamu bisa bersaing dengan ribuan orang dengan berbagai skill sementara ketersediaan lapangan kerja yang terbatas. Jurusan favorit zaman dulu belum tentu menjawab kebutuhan pasar saat ini. Misalnya jurusan pertanian, yang dulu sangat hits di zaman Soeharto, tentu kini lapangan kerjanya semakin terbatas. Seiring perkembangan zaman, ada beberapa jurusan yang punya masa depan cerah. Apa saja jurusan itu?

  1. Teknik Biomedik

Jurusan ini pasti asing di telingamu. Jurusan ini fokus pada rekayasa aplikatif di bidang biologi dan kedokteran. Namun, uniknya jurusan ini menggabungkan kedokteran dan tekonologi. Sehingga kamu pasti berperan penting dalam meningkatkan kesehatan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.

  1. Aktuaria

Jurusan aktuari ini tepat untuk kamu yang suka matematika. Di sini kamu akan mempelajari pengelolaan risiko keuangan, analisis data keuangan dan lainnya. Di sini kamu bisa bekerja di perusahaan asuransi atau institusi keuangan yang saat ini mulai menjamur.

  1. Bisnis Digital

Kehidupan manusia yang semakin terdigitalisasi membuat bisnis digital semakin menguat. Bahkan digitalisasi mulai merambah ke kehidupan kamu sehari-hari. Sehingga di jurusan ini kamu dipersiapkan untuk mengenal dunia digital lebih baik dari aspek bisnis. Big data, start up, hingga artificial intelligence menjadi beberapa hal yang akan kamu pelajari di jurusan ini.

  1. Sains Informasi Geografi

Belajar langsung di lapangan, terkait dengan isu lingkungan dan mengolah data citra satelit menjadi keunikan jurusan Sains Informasi Geografi. Ah, menarik bukan mempelajari seputar lingkungan? Namun, karena sering bekerja di lapangan, sebaiknya kamu selalu membawa Antis Hand Sanitizer yang mampu membunuh 99% kuman di tangan saat berada di luar rumah.

  1. Desain Komunikasi Visual

Visual adalah hal yang tak pernah mati. Di desain komunikasi visual saat ini, kamu dapat mempelajari tentang ilustrasi, animasi, digital media, web design dan lainnya. Dan banyak sekali kebutuhan untuk DKV ini, mulai dari perusahaan hingga agensi periklanan.

Ada lagi jurusan yang menurutmu berpotensi besar di masa depan? Yuk tambahkan lagi daftar.

Email Print