Patuhi Protokol Kesehatan Di Bandara Sebelum Berpergian

Antis Pandemi virus corona (covid-19) yang melanda Indonesia dari bulan maret ini telah memaksa pemerintah untuk menutup segala fasilitas umum guna mencegah penyebaran virus yang menyerang sistem pernapasan ini.

Setelah berbulan-bulan menutup fasilitas umum, saat ini pemerintah secara bertahap akan membuka fasilitas – fasilitas umum termasuk bandara untuk meningkatkan mobilitas masyarakat dari satu tempat ke tempat lain. Dibukanya fasilitas umum dan kembalinya kehidupan ini disebut dengan kehidupan new normal.

Namun jika kamu ingin berpergian menggunakan pesawat kamu harus mematuhi protokol Kesehatan ini saat di bandara. Berikut protokol Kesehatan yang harus kamu patuhi saat ke bandara

Protokol Kesehatan Di Bandara

Dalam Keadaan Sehat

Seluruh penumpang dan awak pesawat harus dalam keadaan sehat, dan juga di setiap pintu masuk bandara akan dilakukan pemeriksaan suhu pada penumpang yang datang. Pastikan kamu dalam kondisi sehat ya saat hendak pergi ke bandara.

Menerapkan Prinsip Pencegahan

Saat di bandara, kamu diwajibkan untuk menerapkan prinsip pencegahan penyebaran virus corona seperti menggunakan masker, memakai Antis hand sanitizer atau mencuci tangan dengan air dan sabun, physical distancing, menggunakan face shield, dan menjaga kebersihan.

Memiliki Surat Keterangan

Selain pemeriksaan suhu, setiap ingin ke bandara kamu akan diminta untuk menunjukkan surat keterangan hasil non reaktif atau negative RT-PCR. Untuk mendapatkan surat keterangan tersebut kamu harus melakukan rapid test di rumah sakit yang menyediakan dan hasil test tersebut akan berlaku selama 14 hari setelah hasil tersebut keluar.

Jika di sekitar tempat tinggal mu tidak ada yang menyediakan rapid test, kamu bisa pergi ke rumah sakit rujukan yang telah ditetapkan Kementerian Kesehatan.

Memiliki Health Alert Card (HAC)

Bukan surat keterangan negatif saja, kamu juga harus memiliki Kartu kewaspadaan kesehatan atau Health Alert Card (HAC), kartu ini bisa kamu dapat dengan mendownload aplikasi electronic Health Alert Card (eHAC) di Google Play atau App Store atau bisa juga mengakses melalui inahac.kemkes.go.id, dan diisi pada saat keberangkatan baik secara elektronik maupun nonelektronik.

Itulah protokol Kesehatan yang harus kamu patuhi saat di bandara. Karena kondisi yang masih belum aman ini, sebaiknya kamu tetap di rumah saja ya, jangan dulu berpergian menggunakan pesawat apalagi hanya untuk liburan.

Email Print