Pemasukan Sampingan Bagi Para Mahasiswa
pemasukan sampingan mahasiswa

Belajar masih merupakan prioritas bagi mahasiswa. Namun tidak ada salahnya, jika kamu sebagai mahasiswa ingin coba mencari penghasilan sendiri. Karena pengalaman sepertinya lebih dibutuhkan dibandingkan dengan nilai. Freelance saat ini sepertinya bisa kamu jadikan pilihan sebagai salah satu pundi datangnya pemasukan sampingan tambahan.

Banyaknya kemunculan startup business, dapat kamu jadikan peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan yakni dengan bekerja freelance. Tidak hanya sekedar menambahkan uang saku, bekerja freelance juga dapat memberikan kamu pengalaman baru sekaligus dapat memperluas pertemanan kamu. Berikut merupakan beberapa bidang yang mungkin dapat kamu jadikan pekerjaan freelance.

  • Penulis
    Menjadi seorang penulis sepertinya dapat kamu jadikan pilihan sebagai pekerjaan freelance. Bagi kamu yang kuliah di jurusan satra atau jurnalistik, menulis tentu sudah menjadi skill yang lazim untuk kamu miliki. Hal ini tentu dapat kamu manfaatkan jika kamu ingin mendapatkan pekerjaan freelance. Selain skill kamu akan semakin terasah, kamu bisa punya nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan pelamar lainnya. Hasil tulisan mu nantiny dapat kamu jadikan portofolio.
  • Fotografer
    Kamu suka sunia fotografi? Punya skill fotografi yang mumpuni? Jika iya cobalah cari pekerjaan freelance yang berhubungan dengan fotografi. Misal menjadi seorang fotografer freelance di berbagai majalah. Atau jika tidak coba tawarkan keahlian memotrtmu ini pada teman, keluarga ketika mereka hendak menggelar acara sakral seperti pernikahan misalnya. Nah, nantinya pekerjaan freelance tersebut akan semakin mengasah kemampuan mu sekaligus menambah jam terbang mu sehingga kamu akan semakin percaya diri nantinya.
  • Guru
    Ingin menjadi guru? Cobalah rasakan sensasi mengajar secara langsung melalui pekerjaan freelance. Carilah pekerjaan freelance di sekolah-sekolah ataupun di tempat bimbingan belajar. Dengan ini nantinya jam terbang kamu akan semakin bertambah. Selain itu kamu juga akan membuka jaringan sesama pengajar sehingga kedepanya kamu punya teman sharing atau sekedar berbagi informasi mengenai perkembangan ilmu pendidikan saat ini.
  • Penerjemah
    Jasa penerjemah saat ini semakin dibutuhkan. Nah, jika kamu ahli menejermahkan tanpa bantuan aplikasi penerjemah, kamu bisa menjual keahlian kamu in untuk mereka yang membutuhkan jasa freelance penerjemah. Selain mendapatkan penghasilan tambahan, nantinya namamu bisa semakin dikenal sebagai penerjemah bahasa yang baik dari klien yang puas dengan jasamu.
  • Desainer
    Jika kamu seorang mahasiswa desain dan suka berkreasi dengan desainmu, maka cobalah cari pekerjaan freelance di bidang desain. Tentunya akan sangat membantu kamu melampiaskan hasrat senimu yang belum tersalurkan. Tak sekedar menyalurkan hasrat seni, kamu juga bisa mendapatkan pemasukan tambahan jika desain kamu sudah disukai dan digunakan oleh klien.

Itulah beberapa pekerjaan lepas yang dapat kamu lakukan sementara kamu masih menjalankan kuliahmu. Adapun keuntungan lain dari freelance ialah tidak terikat oleh jam kantor, dan tentu membuat jadwal perkuliahan kamu tidak terganggu.

Baca juga : Mahasiswa Wirausaha? Kenapa Tidak
Email Print