Pentingnya Ikut Workshop dan Kursus Saat Kuliah

Kuliah itu bukan hanya di kelas, mengerjakan tugas dan pulang. Berbeda dengan masa SMA, kuliah memang menghabiskan lebih sedikit waktu untuk mempelajari teori. Namun di saat kuliah, kamu dituntut untuk banyak belajar di luar kelas. Mahasiswa perlu lebih mandiri mendapatkan ilmu supaya kelak lebih siap menghadapi dunia kerja.

Ada banyak jalan untuk mendapatkan ilmu, misalnya saja mengikuti workshop atau kursus. Banyak sekali workshop atau kursus ditawarkan di luar sana, seperti kursus mengenai media sosial, kursus mengenai manajemen, kursus kewirausahaan dan lain sebagainya. Lantas, apa saja manfaat mengikuti workshop atau kursus ini sih?

  1. Mendapat ilmu yang tidak diajarkan di kampus

Banyak ilmu di luar sana yang bisa melengkapi ilmu yang diajarkan di kampus. Dengan short course atau workshop ini, kamu bisa mendapatkan ilmu yang berbeda, sehingga kamu bisa jadi lebih unggul dari teman-teman seangkatanmu. Misalnya, kamu mempelajari ilmu komunikasi di kampus, kamu bisa saja mengambil fotografi sebagai kursusmu di luar sana.

  1. Skill yang lebih lengkap, menjadikanmu lebih siap

Dengan skill yang terus bertambah setiap kamu mengikuti workshop, bisa sangat membantumu mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja. Dengan begitu banyak lulusan kuliah setiap tahunnya, perusahaan biasanya mencari lulusan yang lebih siap secara skill dan pengalaman.

  1. Memperkaya CVmu nanti

Ketika lulus nanti, apa yang mau kamu tulis di CVmu? Apakah hanya Pendidikan formal yang kamu jalani saja? Pasti dengan mengikuti beragam seminar dan kursus, ada lebih banyak hal yang bisa kamu tulis dalam CVmu. Hal ini bisa menunjukkan bahwa kamu tidak hanya belajar secara akademik, namun juga mengasah soft skill.

  1. Memperluas network

Dengan mengikuti workshop, kamu bisa mendapatkan lebih banyak teman dan relasi yang akan berguna di fase hidupmu selanjutnya. Mereka yang mengikuti kursus dan seminar, cenderung lebih matang menata tujuan hidup. Dengan berteman dengan mereka, kamu juga lama-lama akan terpengaruh untuk mempersiapkan hidupmu lebih baik lagi dengan menambah ilmu.

Wah, ternyata banyak ya manfaat aktif mengikuti workshop dan kursus. Tentu saja, semakin aktif berkegiatan, kamu bersentuhan dengan banyak sumber kuman. Sehingga kamu perlu menjaga dirimu dengan senantiasa menyemprotkan Antis Hand Sanitizer ke tanganmu agar kuman tidak masuk ke tubuh melalui tanganmu. Ingat, aktif berkegiatan itu baik, sehingga perlu diimbangi dengan menjaga kesehatan.

Email Print