Pentingnya Physical Distancing Untuk Mencegah Penyebaran Virus

Antis Dalam upaya menangani wabah virus Corona yang semakin meluas, pemerintah menganjurkan masyarakat untuk menerapkan social distancing (physical distancing) atau pembatasan sosial.

Apa Itu Social Distancing?

Social distancing adalah salah satu cara pencegahan dan pengendalian virus Corona dengan menganjurkan orang sehat untuk membatasi kunjungan ke tempat ramai dan kontak langsung dengan orang lain. Sekarang, sebutan social distancing sudah diganti dengan physical distancing.

Saat menerapkan physical distancing, seseorang tidak boleh untuk berjabat tangan, dan menjaga jarang setidaknya 1 meter saat berinteraksi dengan orang lain, terutama dengan orang yang sedang sakit karena berisiko menderita COVID-19.

Berikut contoh penerapan social distancing:

  • Bekerja di rumah (work from home)
  • Belajar online di rumah bagi siswa dan mahasiswa
  • Mengadakan pertemuan seperti konferensi, rapat, atau seminar secara online.
  • Tidak menjenguk orang sakit, cukup melalui video call

Persiapan untuk Melakukan Physical Distancing

Untuk melakukan social distancing, kamu perlu mempersiapkan hal berikut:

Merencanakan kegiatan

Semua orang mungkin sudah terbiasa dengan aktivitas tanpa perlu khawatir ramai atau tidak tempat yang ingin dikunjungi. Namun dalam kondisi pandemi sekarang ini, sebaiknya kamu merencanakan ulang aktivitas yang ingin kamu lakukan, pasalnya jika berkunjung ke tempat ramai akan sangat berisiko terjangkit virus corona.

Jika terpaksa harus datang ke tempat umum, pilih waktu yang di luar jam sibuk. Misalnya jika ingin berbelanja, kamu bisa datang di siang hari pada hari biasa.

Sedia obat-obatan yang diperlukan

Jika kamu memiliki Riwayat penyakit dan sedang menjalani pengobatan, pastikan kamu memiliki persediaan obat yang biasa kamu gunakan. Jika perlu, sediakan obat-obatan lain juga untuk jaga-jaga supaya kamu tidak perlu ke apotik lagi.

Memenuhi kebutuhan harian

Supaya kamu tidak keluar rumah untuk berbelanja, persiapkan stok makanan, sabun, disinfektan atau hand sanitizer, dan kebutuhan sehari-hari lainnya dalam jumlah yang cukup. Jangan sampai kamu panic buying ya atau membeli barang secara berlebih. Jika kamu dan keluarga sehat, sediakan masker dan hand sanitizer secukupnya saja.

Begitu juga dengan stok makanan, persiapkan makanan yang bergizi untuk memperkuat daya tahan tubuh. Karena daya tahan tubuh yang sehat juga merupakan kunci untuk terhindar dari virus yang menyerang sistem pernapasan ini.

Mempersiapkan akses internet

Jika kamu harus bekerja atau belajar dari rumah, akses internet merupakan faktor penting yang perlu kamu siapkan. Supaya proses bekerja atau belajar berjalan lancar, sebaiknya kamu memasang WI-FI di rumah, atau juga bisa membeli kuota internet yang cukup dan memiliki koneksi yang stabil.

Dengan adanya akses internet kamu tidak hanya terbantu dalam bekerja atau belajar, kamu juga bisa memanfaatkan internet untuk mencari informasi mengenai situasi di luar rumah.

Itulah pentingnya physical distancing untuk mencegah penyebaran virus. Mulai sekarang jaga jarak dengan orang lain ya jika sedang di tempat umum, untuk kebaikan Bersama. Jangan lupa untuk membawa Antis Hand Sanitizer supaya tangan kamu tetap bersih saat terpaksa keluar rumah.

Email Print