Perpustakaan Online, Solusi Membaca Di Tengah Pandemi

Saat pertama kali virus corona melanda Indonesia maret lalu, hingga kini masyarakat terus dihimbau untuk tetap di rumah saja untuk mengurangi resiko tertular virus. Semua tempat umum terkena dampaknya sehingga tidak memiliki pengunjung, termasuk perpustakaan. Jika kamu gemar membaca pasti ingin sekali ke perpustakaan kan?

Jika terus seperti ini, maka perpustakaan tidak akan berjalan selama pandemi ini masih terus melanda negeri kita tercinta ini. Karena kondisi ini, munculah inovasi yang dapat menghidupkan kembali perpustakaan walaupun pandemi masih berlangsung agar para pembaca tetap mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Perpustakaan Online

Inovasi yang telah bermunculan salah satunya adalah membuat perpustakaan online agar dapat diakses oleh semua orang kapanpun dan di manapun.

Perpustakaan darin bisa menjadi solusi untuk kamu di pandemi saat ini supaya kamu tetap bisa menyalurkan hobi dan menambah wawasanmu. Kamu bisa membukanya secara online dengan smartphone atau laptopmu.

Dengan membuka perpustakaan online, secara tidak langsung kamu memberikan suatu dukungan kepada pihak perpustakaan yang sudah lama tidak beroperasi karena pandemi, sehingga perpustakaan dapat tetap menjalankan fungsi dan perannya dengan baik walaupun secara online.

Anggota keluargamu yang juga sedang melakukan kegiatan di rumah entah itu belajar, bekerja pasti memerlukan informasi bukan? Dengan perpustakaan daring ini segala pengguna bisa mendapatkan berbagai bentuk informasi seperti buku, jurnal, majalah, video atau karya elektronik lainnya yang sudah tersedia, dan tentunya gratis.

Banyak juga perpustakaan yang telah bekerja sama dengan perpustakaan lain untuk menyediakan buku – buku dari luar negeri untuk kebutuhan penggunanya. Semua itu bisa kamu akses dengan cepat dan mudah melalui masing – masing perpustakaan online.

Salah satu contoh perpustakaan online terbaik yang bisa kamu akses adalah Perpustakaan Nasional RI yang memiliki berbagai koleksi buku, artikel, majalah, dan koleksi lainnya yang berasal dari kerja sama antara Perpustakaan Nasional dengan perpustakaan lainnya. Untuk membaca semua koleksinya kamu harus mendaftar terlebih dahulu di e-resources.perpusnas.go.id

Selain itu, kamu juga bisa mengakses perpustakaan online milih kota serta daerah masing – masing, dan juga perpustakaan online milik universitas di Indonesia.

Maka dari itu, yuk buka perpustakaan online untuk menemani hari mu di rumah agar tidak bosan karena pandemi virus corona ini. Dengan begitu, kamu tetap mendapatkan informasi dan juga mendukung perpustakaan agar tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Email Print