Pola Hidup Sehat untuk Anak Kos
pola hidup sehat untuk anak kos

Kesehatan merupakan salah satu aspek penting dalam hidup manusia. Sehingga pola hidup sehat juga amat lah perlu untuk mendapat perhatian penting. Hal ini juga berlaku bagi kamu anak kos yang jauh dari rumah. Berbagai pola hidup sehat untuk anak kos perlu kamu jalani , agar dapat terhindar dari berbagai jenis penyakit. Kuliah jauh dari orang tua tentunya akan membuat kamu kadang bingung ketika sedang mengalami sakit.

5 Tips Menjalani Pola Hidup Sehat untuk Anak Kos

Hal ini tentunya bisa juga disebabkan oleh minimnya kualitas makanan yang di asup. Oleh karenanya sebaiknya kamu lebih dahulu cegah datangnya penyakit tersebut. Yakni dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Adapun melalui artikel ini kami coba memberikan beberapa pola hidup sehat yang dapat kamu terapkan.

  1. Buat Jadwal Asupan Kamu

Makan 3 kali sehari merupakan pola makan yang paling dianjurkan setiap harinya. Namun, tak hanya itu rupanya, kamu juga harus mulai memperhatikan makanan dan minuman yang masuk ke tubuh kamu. Buatlah jadwal makan sendiri dalam satu bulan. Misal, kamu membuat satu paket makanan dalam satu kali makan. Hal ini penting untuk mengukur bagaiman asupan gizi yang sudah masuk ke tubuh mu.

  1. Perhatikan Pola Tidur

Jam tidur di rumah mungkin tidak akan berlaku bagi kamu anak kos. Kamu bisa tidur semalam apapun bahkan bisa begadang hingga pagi dengan temanmu. Hal ini tentu merusak jam tidurmu lho.Nah, mulai sekarang cobalah untuk bisa nolak ajakanĀ  nongkrong atau begadang hingga malam di kampus, kalo emang ternyata tubuh kita lagi butuh banget istirahat. Belajar lah untuk menyayangi dirimu sendiri dengan mulai peka terhadap jam tidur dan kebutuhan tubuh kita untuk beristirahat.

  1. Rutin Berolahraga

Olahraga merupakan hal yang penting bagi kamu yang ingin memulai hidup sehat. Kamu bisa melakukan olahraga seperti futsal, basket atau olahraga lain yang bisa kamu lakukan dengan teman kamu. Namun, jika kamu tidak punya banyak waktu kamu mungkin bisa melakukan workout denganmelihat tutorial videonya di youtube mungkin sekitar 30 menit dalam sehari. Coba cari waktu luang yang pas untuk melakukan workout.

  1. Jaga Kebersihan

Tinggal sendiri kadang membuat standar kebersihan dan kenyamanan ruangan, kamu sesuaikan dengan keingingan kamu. Hal ini terkadang bisa membuat kamu acuh terhadap kebersihan ruangan. Padahal kebersihan merupakan awal dari kesehatan. Jadi mulai sekarang jagalah kebersihan ruangan mu. Agar kamu terhindar dari penyakit. Karena jika ruangan mu kotor tentu akan menjadi sarang penyakit.

  1. Minum Teratur

Terkadang karena kebiasaan malas bolak-balik, menyebabkan kira malas minum air putih yang kemudian menyebabkan tubuh kita kekurangan banyak cairan dan dehidrasi. Oleh karena itu jangan lupa untuk menyimpan banyak air putih di dalam kamar agar kamu tidak perlu lagi repot-repot bolak-balik ke dapur untuk mengambil air minum. Minumlah delapan gelas sehari agar tubuhmu tidak kekurangan cairan.

Nah jika belakangan ini kamu sering sakit-sakitan, coba lah beberapa pola hidup sehat sederhana di atas, dan rasakan manfaatnya. Pola hidup sehat dapat mencegah masuknya penyakit kedalam tubuh kita, jadi terapkan pola hidup sehat segera.

Baca juga : Kuman Di Sekitar Kamu

 

Email Print