Protokol Kesehatan Di Kendaraan Umum

Memasuki masa new normal, tempat kerja atau perkantoran kembali beroperasi. Otomatis para pekerjanya kembali masuk kerja, banyak pekerja di Indonesia yang masih mengandalkan kendaraan umum sebagai transportasi menuju ke tempat kerja mereka.

Namun di situasi yang masih pandemi saat ini masyarakat yang biasa menggunakan kendaraan umum untuk mematuhi protokol Kesehatan selama di dalam kendaraan untuk mengurangi risiko terpapar virus corona (covid-19).

Perlindungan dan pencegahan diri sangat penting saat di dalam kendaraan umum, oleh karena itu berikut protokol Kesehatan di kendaraan umum yang harus kamu patuhi:

Protokol Kesehatan Di Kendaraan Umum

Usahakan Tetap Di Rumah Jika Sedang Sakit

Jika kamu sedang mengalami gejala flu, batuk – batuk, sesak napas, disarankan jangan dulu berpergian, apalagi menggunakan kendaraan umum. Hal tersebut guna mencegah kamu menularkan pada orang lain. Jika mengalami sakit, cobalah untuk periksakan diri ke rumah sakit.

Terapkan Hidup Bersih dan Sehat

Saat kamu berpergian ke luar dan menggunakan kendaraan umum, usahakan kamu menerapkan hidup bersih dan sehat seperti mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer, membuang sampah pada tempatnya, tidak merokok di tempat umum, tidak meludah sembarangan, dan hindari menyentuh wajah yang tidak perlu.

Gunakan Masker

Jika kamu sedang mengalami gejala batuk atau bersin namun kondisi memaksakan kamu harus keluar rumah, gunakanlah masker saat di kendaraan umum.

Menjaga etika batuk/bersin

Di tempat umum dan transportasi umum, selalu terpasang poster mengenai pentingnya menerapkan etika batuk/bersin serta tata cara bersin/batuk di tempat umum dan transportasi umum. Ini penting untuk kamu lakukan jika tidak membawa masker lalu batuk atau bersin saat di kendaraan umum.

Cobalah untuk meminta masker kepada Pengelola transportasi umum agar batuk dan bersin kamu tidak menyebar di dalam kendaraan.

Deteksi suhu tubuh

Di setiap titik pintu masuk transportasi umum entah itu stasiun, bandara, dan pelabuhan. Saat ini pasti dilakukan pemeriksaan suhu tubuh, jika suhu tubuh kamu terdeteksi lebih dari 38 derajat celcius, maka sebaiknya kamu segera memeriksakan kondisi tubuh ke rumah sakit dan tidak diperbolehkan untuk memasuki tempat umum atau menggunakan kendaraan umum.

Kamu juga bisa melakukan setidaknya lakukan pengecekan suhu tubuh dua kali sehari pada saat sebelum dan sesudah berpergian, terutama setelah naik kendaraan umum berisi penumpang yang mengalami demam, batuk atau flu.

Social Distancing

Saat pandemi corona sekarang ini, biasanya pihak pengelola transportasi umum telah membuat tanda di kursi kendaraan setiap satu meter untuk menjaga jarak para penumpang. Usahakan saat naik kendaraan umum kamu menjaga jarak dengan penumpang lain ya, guna mengurangi penyebaran virus.

Itulah Protokol Kesehatan Di Kendaraan Umum. Selalu patuhi protokol Kesehatan yang ada dan jangan lupa untuk membawa Antis Hand Sanitizer untuk menjaga tangan kamu bersih setelah menyentuh benda di kendaraan umum.

Email Print