Seperti Apa Makanan yang Baik Untuk Orang Maag

Mempunyai penyakit maag memang tidak menyenangkan. Ada saja pantangan makanan, minuman hingga aktivitasnya. Maag umumnya disebabkan oleh peradangan lambung, makanan pedas, stres dan lain sebagainya. Pemilihan makanan untuk orang yang berpenyakit maag bertujuan untuk meringankan beban saluran pencernaan, serta membantu menetralkan asam lambung.

Dengan banyaknya pantangan makanan untuk orang maag, seperti apa makanan yang baik untuk orang maag?

  1. Pisang dan Melon

Rendah tingkat keasamannya, pisang dan melon adalah makanan yang baik dikonsumsi penderita maag. Teksturnya yang lembut akan terasa ramah untuk lambung, selain itu mampu memberikan efek kenyang dan menstabilkan asam lambung.

  1. Oatmeal

Di dalam oatmeal, ada kandungan mineral yang cukup untuk menjaga agar asam lambung tetap stabil dan stamina untuk beraktivitas tetap terjaga.

  1. Sayuran Hijau

Berbagai sayuran hijau seperti sawi dan brokoli ternyata sangat baik untuk penderita maag. Sawi misalnya, lembut jika dimasak dan tidak menyebabkan sakit pada lambung. Sementara brokoli memiliki kalium, vitamin C dan sulfur yang sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit akibat maag.

  1. Daging

Sebenarnya sebagian besar jenis daging bisa dikonsumsi penderita maag, asalkan dagingnya adalah jenis daging tanpa lemak. Penderita maag juga tidak disarankan untuk mengonsumsi daging yang digoreng, lebih baik dipanggang atau dimasak.

  1. Jahe

Tanaman akar ini adalah obat alami yang digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan. Teh jahe misalnya, merupakan minuman yang efektif sebagai refluks anti-peradangan dan asam lambung.

  1. Lidah Buaya

Mengonsumsi lidah buaya, dalam bentuk minuman misalnya mampu menyembuhkan luka pada lambung. Kandungan di dalamnya juga berkhasiat sebagai antibiotik.

  1. Kentang Rebus

Kentang sebenarnya bisa dikonsumsi untuk menggantikan fungsi nasi, karena sama-sama sebagai sumber karbohidrat. Rebusan kentang punya sifat alkali dan akan menetralisir asam lambung sebelum makan makanan yang lain. Efek kenyangnya pun sama saja kok.

Buat kamu yang punya penyakit maag, yuk mulai konsumsi makan-makanan di atas ini. Jangan lupa, juga untuk selalu menjaga kesehatan dengan memastikan tangan bebas kuman. Penggunaan hand sanitizer seperti Antis Lucky Charm penting untuk mengurangi risiko sakit karena kuman.

Email Print