Setelah Lulus, Mau Lanjut S2 Atau Bekerja Ya?

Ternyata setelah skripsi, kamu tidak bisa terlepas dari kegalauan ya. Ketika menjelang lulus, kamu akan mempunyai dua pilihan, mau lanjut S2 atau bekerja dahulu. Beberapa orang mungkin menyarankan untuk langsung lanjut ke S2 karena otaknya masih segar. Namun ada juga yang menyarankan bekerja dahulu untuk mencari pengalaman sebanyak-banyaknya. Ada beberapa gambaran untuk kamu mengenai dilemamu ini.

Jika kamu memilih bekerja

Ketika kamu memilih bekerja, maka kamu mau tidak mau harus siap menghadapi persaingan yang lebih berat di dunia kerja. Mungkin kamu sudah mempunyai gambaran mau bekerja apa kelak setelah lulus. Namun ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.

  1. Pekerjaan yang kamu harapkan, mungkin punya persyaratan pengalaman kerja minimal dua tahun, sehingga kamu perlu belajar dari nol di dunia kerja.
  2. Setiap tahun, berbagai universitas meluluskan ribuan wisudawan dan wisudawati. Jumlah ini sangat banyak dan persaingan untuk lulusan baru sangat ketat dan tidak sebanding dengan jumlah pekerjaan yang ada.
  3. Jika kamu tahu mengenai gaji fresh-graduate mungkin kamu akan cukup berkecil hati, karena tidak jarang mereka yang digaji di level upah minimum regional.

Jika kamu memilih melanjutkan ke S2

Berbeda dengan S1, di mana kamu dituntut untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan. Mulai S2 ini kamu dituntut untuk menjadi salah satu produsen ilmu pengetahuan, artinya kamu didorong untuk lebih banyak mengeksplor hal-hal baru. Dosen mungkin tidak banyak memberikan ilmu dengan komunikasi yang searah, namun akan banyak tercipta diskusi-diskusi antar mahasiswa S2. Lebih banyak riset, tugas dan presentasi di dalam jenjang S2. Perlu waktu sekitar dua tahunan untuk menyelesaikan S2 ini jika lancar.

Namun sayangnya, ketika kamu menempuh S2 ini, tidak serta merta akan membuat karirmu lebih cemerlang. Sama seperti halnya S1, kamu tidak punya pengalaman bekerja, namun secara teori, kamu lebih pintar dari sarjana S1.

Memilih secara dewasa

Selepas kuliah S1, kamu seharusnya mempunyai gambaran tentang apa yang akan kamu jalani. Jika kamu cukup percaya diri dengan dirimu, dengan networking dan pengalaman organisasimu selama kuliah, maka kamu bisa memutuskan untuk lanjut bekerja.

Jika kamu ingin sekolah lagi, berarti kamu memang harus fokus untuk membuat dua tahunmu ke depan lebih berharga lagi ketika memasuki dunia kerja selanjutnya. Dua tahun yang akan kamu habiskan di S2, seharusnya bisa membentuk pribadi yang lebih matang lagi menghadapi dunia kerja.

Intinya, apa yang kamu lakukan di tingkat perkuliahan sekarang, akan mempengaruhi keputusanmu untuk bekerja atau melanjutkan S2. Jangan melanjutkan S2 hanya karena bingung mau ngapain lagi. Dan jangan juga bekerja hanya karena tidak mau belajar lagi.

Email Print