Situs Sejarah Yang Wajib Kamu Ketahui

Indonesia tidak hanya memiliki pemandangan lanskap yang menarik, namun juga ada beragam situs sejarah yang masih ada dan terjaga sampai sekarang. Indonesia yang dulunya adalah tempat pertemuan berbagai budaya membuat banyak sekali bukti sejarah yang sampai sekarang punya nilai historis tersendiri.

Situs sejarah yang ada di Indonesia punya berbagai macam bentuk, ada yang berbentuk lukisan dinding, makam bersejarah, istana hingga candi. Berkunjung ke situs-situs sejarah ini tentu saja memberikanmu pengetahuan baru mengenai apa yang terjadi dahulu dan bagaimana dampaknya pada kehidupan yang sekarang. Apa saja situs sejarah yang wajib kamu ketahui?

  1. Sangkulirang Rock Arts

Sangkulirang Rock Arts ini ada di daerah Kutai Timur. Bentuknya merupakan sebuah gua di kawasan Karst. Di dalam gua ini banyak sekali lukisan telapak tangan manusia pra sejarah di bagian dindingnya. Tidak hanya bertemakan sejarah, situs ini juga punya banyak stalagtit dan stalagmit yang menarik untuk kamu abadikan dengan kamera. Di sini juga ditemukan berbagai patung, peralatan, pembakaran hingga perhiasan jaman dulu kala.

  1. Situs Muarajambi

Situs ini ternyata mempunyai luas 8 kali lebih besar dari Candi Borobudur. Ada sekitar 82 reruntuhan bangunan kuno dengan 8 candi di dalamnya. Dengan jarak hanya setengah jam dari kota Jambi, kamu bisa juga melihat keindahan sungai Batanghari dengan deretan rumah Melayu selama perjalanan.

  1. Situs Gunung Padang

Terletak di Cianjur, Jawa Barat, situs Gunung Padang ini adalah sebuah situs yang unik. Di sini kamu bisa melihat hamparan tumpukan balok yang tersebar di sudut-sudut Gunung Padang.

  1. Tapurarang

Tapurarang terletak di Fak Fak, Papua Barat. Di sini juga terpadat lukisan tangan di dinding gua dengan gambar telapak kaki, lumba-lumba, tumbuhan, hingga wajah manusia.

  1. Taman Sari

Taman Sari ini terletak di dekat jantung kota Yogyakarta. Dulunya Taman Sari dibangun sebagai tempat peristirahatan, hiburan dan meditasi bagi keluarga Sultan. Berisi bangunan indah dengan kolam besar, kecil, hingga tempat pemandian, situs ini merupakan salah satu obyek wisata favorit untuk turis.

Masih banyak lagi situs sejarah yang belum diulas di artikel ini. Pasti paling tidak kamu pernah mengunjungi situs sejarah sewaktu kecil, entah itu ketika study tour atau berlibur bersama keluarga. Ketika berkunjung ke tempat-tempat ini, jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan tempat dan juga kebersihan tanganmu. Tidak membuang sampah sembarangan, tidak mencoret-coret situs hingga menjaga tangan tetap higienis dengan Antis Lucky Charm adalah salah satu cara untuk menjaga kebersihan. Ada yang punya usulan situs sejarah lainnya yang wajib dikunjungi? Share yuk!

Email Print