Skripsi Yang Mau Tidak Mau Harus Dikerjakan

Sebagai seorang mahasiswa, skripsi adalah salah satu kewajiban yang harus dilakukan demi wisuda. Skripsi sendiri biasanya punya beban SKS yang cukup tinggi, di beberapa universitas misalnya, SKS dari skripsi adalah enam SKS. Kamu juga pasti membutuhkan satu semester tersendiri khusus untuk mengerjakan skripsi.

Mengerjakan skripsi, pasti kamu membayangkan sebuah buku tebal yang berisi tulisan, penelitian, teori dan sebagainya. Di awal-awal memikirkan skripsi, pasti kamu memiliki rasa malas atau bahkan bertanya kenapa tidak langsung lulus saja. Proses menulis skripsi ini pun harus melibatkan banyak hal, seperti banyak membaca di perpustakaan, penelitian di lapangan, melakukan survei, berhubungan dengan data yang banyak, dan lain sebagainya.

Sebenarnya skripsi mau tidak mau harus dikerjakan. Kamu bisa membuat skripsi lebih lancar dengan lima tips di bawah ini:

  1. Mencari topik yang ada di sekelilingmu

Dalam penyusunan skripsi, sebaiknya kamu mencari topik yang ada di sekitarmu. Kenapa hal ini menjadi penting? Dengan topik yang ada di sekitarmu, kamu akan lebih mudah untuk mengurus administrasi dan perijinan. Selain itu kamu juga lebih mengerti tentang topik itu daripada topik yang jauh dari jangkauanmu.

  1. Memastikan bahwa narasumbernya ada di sekitarmu

Untuk semakin mendukung skripsimu, pastikan ketika kamu berpikir tentang topik, kamu juga berpikir tentang narasumber. Dengan memilih narasumber yang ada di dalam circle-mu, kamu akan semakin gampang menghubunginya. Misalnya saja, ternyata ayah dari temanmu adalah narasumber yang bisa membantumu dalam penyusunan skripsi, pasti kamu akan lebih luwes meminta bantuannya.

  1. Kerjakan dua halaman per hari

Salah satu tips yang selalu ada ketika kamu mengerjakan skripsi adalah jangan menunda. Karena dengan menunda sehari dua hari, tiba-tiba tidak terasa sudah berjalan tiga bulan. Salah satu cara mudahnya adalah dengan menyicil mengerjakan dua halaman per hari. Bayangkan saja dalam sehari ada dua halaman, dan kamu sudah mendapatkan 60 halaman dalam satu bulan. Lagipula menyelesaikan dua halaman cukup memakan waktu setengah jam saja kok.

  1. Selalu berkonsultasi dengan dosen pembimbing

Sebelum kamu melangkah terlalu jauh dan salah, lebih baik kamu rajin konsultasi dengan dosen pembimbing. Hal ini penting demi keefektifan pengerjaan skripsimu. Dengan begitu, kamu juga bisa mendapatkan pencerahan dari dosen pembimbing lebih banyak.

  1. Biasakan sering membaca

Sebelum menyusun skripsi, pastikan kamu juga mulai membiasakan untuk membaca. Apa yang dibaca? Apa saja. Media sosial, terutama news platform memiliki berita terbaru setiap harinya dan gratis. Dengan rajin membaca. Otomatis wawasanmu akan selalu berkembang dan memudahkanmu untuk mengerjakan penelitian skripsi.

Coba deh Sahabat Antis menerapkan lima tips di atas, kamu akan lebih lancar mengerjakan skripsi. Satu semester pasti cukup untuk menyelesaikannya. Yuk cicil dari sekarang!

Email Print