Ternyata Begini Cara Bikin Anyaman Ketupat

Antisantikuman.com – Ketupat adalah salah satu makanan khas pada saat hari lebaran, membuat sendiri ketupat lebaran bersama keluarga adalah salah satu hal yang menyenangkan. Ketupat memiliki sejarah dan filosofi yang mendalam dan hingga saat ini menjadi sebuah tradisi makanan yang hadir saat hari raya idul fitri.

Ketupat atau kupat memiliki arti dalam bahasa jawa merupakan kependekan dari Ngaku Lepat dan Laku Papat, Ngaku lepat yang memiliki arti mengakui kesalahan sedangkan Laku papat memiliki arti lebaran.

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui cara membuat anyaman ketupat lebaran dan berikut ini adalah cara membuat anyaman ketupat:

  1. Bahan dari anyaman ketupat adalah daun kelapa yang masih muda atau janur, untuk itu coba persiapkan bahan anyaman ketupat tersebut, daun yang masih muda serta segar tidak mudah rusak ketika direbus bersama beras, sehingga ketupat yang dihasilkan akan lebih enak.
  2. Lalu gulunglah janur sampai tiga kali dengan posisi ujung janur menghadap ke atas.
  3. Setelah itu ambil janur 1 lagi, lalu gulungkan sebanyak tiga kali namun kali ini ujung janur menghadap kebawah.
  4. Langkah selanjutnya adalah membuat kedua gulungan janur namun saling bersilangan, Namun posisi janur harus tetap tergulung.
  5. Lalu ambilah salah satu ujung janur lalu putar kebelakang susunan janur tersebut.
  6. Setelah itu masukan ujung janur yang telah diputar ke belakang tadi ke janur yang berada di posisi tengah, Caranya seperti kamu sedang menganyam.
  7. Selanjutnya teruslah menganyam hingga bawah, lakukan hal yang sama pada ujung janur.
  8. Ujung janur yang terletak di samping bisa langsung dianyam ke atas. Lalu lakukan hal ini pada kedua pangkal janur hingga bertemu di bagian atas ketupat.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa melihat gambar dibawah ini:

sumber: bloggerbondowoso24.blogspot.com

Gimana ? tidak sulit kan? kalau masih belum bisa coba ulangi lagi. Memang harus banyak trial and error setelah itu kamu akan terbiasa, malah bisa bikin ketagihan buat anyaman ketupat yang lebih banyak lagi lho.

Sebelum membuat anyaman ketupat sebaiknya kamu cuci tangan terlebih dahulu supaya tidak ada kuman yang menempel di tangan atau bisa juga kamu gunakan Antis Hand Sanitizer yang praktis bisa digunakan kapan saja dan dimana saja.

Email Print