Terus Semangat Buat Kalian Para Pejuang Skripsi Ditengah Pandemi
pejuang skripsi pandemi virus corona

Antisantikuman Wabah Covid-19 memang dirasakan oleh semua kalangan, termasuk mahasiswa tingkat akhir yang seharusnya tengah asyik menyusun skripsi. Namun, di tengah pandemi Covid-19 seperti ini, semua prosedur untuk menjadi seorang sarjana berubah drastis. Beberapa proses untuk mencapai kelulusan, seperti sidang proposal, ujian skripsi, dan sidang akhir harus dilakukan secara online.

Tentu saja, semua mahasiswa cukup kaget dengan adanya perubahan seperti ini. Diperlukan adaptasi yang cepat terhadap metode baru dalam mencapai kelulusan ini. Tapi jangan khawatir, karena ada beberapa tips yang bisa diterapkan agar bisa tetap semangat walaupun mengerjakan skripsi di tengah pandemi.

Tips Agar Tetap Semangat Mengerjakan Skripsi Di Tengah Pandemi

Meski harus menyelesaikan skripsi di tengah pandemi Covid-19 seperti ini, bukan berarti Kamu harus menyerah begitu saja. Banyak usaha yang bisa dilakukan agar bisa tetap lulus tepat waktu seperti yang sudah direncanakan jauh-jauh. Berikut adalah tips bagi Kamu yang sedang berjuang menyelesaikan skripsi di tengah pandemi:

  1. Buat Target yang Jelas

Segala sesuatu butuh target, termasuk target untuk menyelesaikan skripsi. Rencanakan waktu untuk mencapai semua target yang ingin dicapai pada lembar kalendermu. Agar lebih menarik, buat target pada lembar notes warna-warni, lalu tempelkan pada dinding kamar tercinta. Jangan lupa untuk memberikan sentuhan kata-kata semangat dan motivasi, agar semua target yang sudah direncanakan bisa tercapai tepat waktu.

  1. Bergaul dengan Teman yang Satu Frekuensi

Untuk bisa cepat menyelesaikan skripsi, Kamu tentu butuh dukungan dari orang-orang terdekat. Selain keluarga, teman adalah motivasi terbesar untuk mencapai target di bangku perkuliahan. Jika terlalu sering bergaul dengan teman yang malas mengerjakan skripsi, secara tidak langsung Kamu juga akan kurang bersemangat untuk menyelesaikan skripsi.

Hal ini berbeda saat Kamu berada di tengah-tengah pertemanan yang positif dan se-frekuensi, dimana mereka semua pasti akan saling mendukung untuk segera menyelesaikan skripsi agar bisa wisuda bersama suatu saat nanti hari.

Baca Juga : Menjaga Produktifitas Selama Masa Kuliah Online

  1. Jaga komunikasi dengan dosen pembimbing

Sejak adanya peraturan belajar dari rumah, setiap mahasiswa tentu akan sulit bertemu dengan dosen pembimbing. Semua bentuk komunikasi hanya bisa dilakukan lewat internet saja. Sayangnya, banyak mahasiswa tingkat akhir yang akhirnya malas berkomunikasi dengan dosen pembimbing terkait skripsi.

Seharusnya, komunikasi dengan dosen pembimbing tidak boleh putus. Sering konsultasi dengan dosen via online tentu jauh lebih baik untuk mempercepat proses pengerjaan skripsi. Konsultasi bisa dilakukan via email, whatsapp, atau lewat video call jika memang diizinkan oleh dosen yang bersangkutan.

  1. Berhenti sejenak jika mulai bosan

Lelah dan bosan memang selalu menghantui mahasiswa tingkat akhir yang tengah mengerjakan skripsi. Hal ini memang wajar terjadi mengingat butuh pikiran dan tenaga ekstra untuk bisa menyusun tiap BAB dalam lembar skripsi. Jika mulai bosan atau lelah, sebaiknya jangan memaksakan diri.

Beristirahatlah sejenak, lalukan hal-hal menyenangkan yang bisa membangkitkan mood dan semangat lagi. Misalnya dengan mendengarkan musik favorit, menonton film, atau pun dengan memasak menu favorit di dapur.

  1. Lakukan gladi resik sebelum ujian sidang skripsi

Di tengah pandemi seperti sekarang ini, sidang skripsi pun dilakukan via online melalui video call dengan dosen pembimbing dan dosen penguji. Meskipun tidak harus berhadapan langsung dengan para dosen, namun sidang skripsi online harus tetap dipersiapkan dengan matang. Lakukan gladi resik, pastikan listik dan koneksi internet lancar, gunakan ruangan di rumah yang memadai dan cari background yang pas.

Selain kelima tips di atas, ada poin yang tidak kalah penting, yaitu meminta doa kepada keluarga, khususnya orang tua. Dengan doa dan dukungan dari semua keluarga, proses skripsi sesulit apa pun pasti bisa diselesaikan dengan lancar. Jadi, jangan lupa minta doa pada orang tua ya!

Email Print