Tips Kuliah Online Supaya IPK Kamu Naik

Antisantikuman.com – Pandemi virus corona yang melanda telah memaksa seluruh masyarakat untuk tetap di rumah demi mengurangi penyebaran covid – 19. Hal ini menyebabkan berbagai kegiatan sempat terhambat termasuk perkuliahan.

Dengan adanya teknologi dan internet, sekarang ini mahasiswa yang tidak bisa datang dan kuliah tatap muka dengan dosen, bisa melakukannya dari jarak jauh dengan kuliah online. Untuk melakukan kuliah online mahasiswa dan dosen harus memiliki perangkat seperti smartphone, laptop, dan tentunya jaringan internet yang stabil.

Kuliah online memiliki banyak kelebihan dan juga kekurangan seperti kendala teknis yang membuat dosen dan mahasiswa miskomunikasi, materi yang tidak tersampaikan dengan jelas, dan tidak jarang juga mahasiswa merasa malas karena tidak biasa melakukan kuliah online.

Jika kamu termasuk salah satu mahasiswa yang sering terkendala kuliah online sehingga IPK kamu menurun, Berikut ada tips kuliah online supaya IPK kamu naik:

Absensi dan Aktif saat Kuliah Online

Tips yang pertama yaitu kamu harus aktif dalam kuliah online seperti bertanya pada dosen, mengerjakan soal yang diberikan, dan rajin hadir dalam kelas. Mahasiswa yang aktif tentunya akan mendapat apresiasi dari dosen, oleh karena itu kamu jangan sungkan bertanya pada dosen jika ada materi yang belum dipahami.

Kamu juga jadi memiliki banyak waktu di kuliah online ini karena tidak perlu melakukan perjalanan ke kampus. Namun, jangan sampai kamu terlena karena tidak melakukan kuliah tatap muka sehingga sengaja hadir pada kelas online tidak tepat waktu.

Jangan Menunda Tugas

Nah ini merupakan hal yang paling harus dihindari mahasiswa saat kuliah online, yaitu menunda tugas. Saat kuliah tatap muka melanda saja banyak mahasiswa yang masih menunda tugas, apalagi sekarang kuliah online.

Oleh karena itu, hindari menunda tugas saat pandemi virus corona supaya tugas dari mata kuliah lainnya tidak menumpuk. Usahakan kerjakan tugas atau membaca ulang materi saat pagi hari, karena belajar di pagi hari adalah waktu terbaik untuk belajar.

Ciptakan Suasana Kuliah yang Baik

Meskipun kuliah online bisa dilakukan di rumah atau kost, kamu harus tetap menggunakan pakaian yang rapih dan bersih. Penampilan yang baik akan menciptakan suasana yang baik juga sehingga meningkatkan mood belajar, membuat pikiran positif dan terbuka lebar.

Cari Ruangan yang Nyaman

Kendala utama yang paling sering terjadi pada mahasiswa adalah sulit berkonsentrasi karena banyak gangguan. Oleh karena itu, disarankan kamu mencari ruangan yang tenang supaya kegiatan belajar dapat berjalan tanpa gangguan. Kamu juga bisa mendekor kamar mu untuk meningkatkan mood belajar.

Beradaptasi

Pandemi virus corona menuntut mahasiswa dan dosen untuk beradaptasi dengan sistem dan kebiasaan baru dalam kuliah online. Kuliah online lebih fleksibel dibandingkan dengan kuliah tatap muka, walaupun masih banyak yang belum bisa terbiasa.

Intinya saat kuliah online kamu harus bisa beradaptasi dengan segala kebiasaan baru, jangan mengeluh dan tetap semangat menjalani kuliah online walaupun di tengah pandemi virus corona.

Email Print