Lima Tips Magang Untuk Mahasiswa

Menjadi mahasiswa yang tidak punya pengalaman, biasanya akan susah untuk mendapatkan tempat magang yang diinginkan. Padahal magang atau kuliah lapangan ini adalah salah satu syarat kelulusan. Setiap tahun banyak sekali mahasiswa yang mengajukan magang ke perusahaan-perusahaan. Apakah kamu siap untuk bersaing dengan mereka?

Perusahaan yang membuka magang, sudah memiliki kriteria tertentu untuk pemilihan anak magang. Salah satu kriterianya pasti mampu membantu perusahaan walaupun dalam skala kecil. Untuk itu, yuk kita bahas bagaimana tips magang untuk mahasiswa!

  1. Milikilah skill tertentu

Karena mahasiswa tidak memiliki pengalaman kerja, pertimbangan utama perusahaan memilih anak magang adalah karena kemampuannya. Untuk itu kamu tidak boleh hanya mengandalkan nilai saja, tapi fokuslah pada satu kemampuanmu yang juga dibutuhkan perusahaan. Misalnya kalau kamu hobi desain, maka perbanyaklah portofoliomu dalam berkarya, bisa jadi itu hanya karya iseng namun bagus.

  1. Perluas network

Network menjadi salah satu hal yang bisa melancarkan magangmu. Misalnya saja, ketika ada pembicara seminar di kampusmu, berkenalanlah dan jalinlah hubungan baik dengannya. Siapa tau nanti dia akan meminta bantuanmu untuk magang di perusahaannya.

  1. Aktif terlibat dalam organisasi

Organisasi juga jadi pertimbangan penting. Aktif dalam komunitas fotografi di kampus, akan menjadi nilai plus ketika kamu mengajukan magang. Begitupun dengan komunitas lain, pasti akan menyiapkan wawasanmu lebih baik lagi.

  1. Aktif di media sosial

Selain itu, beberapa perusahaan juga melihat akun media sosial dari calon-calon anak magang. Untuk apa media sosial dijadikan pertimbangan? Nah, dengan keaktifan di media sosial, syukur punya jumlah followers yang cukup tinggi, akan menjadi salah satu modal penting anak magang. Perusahaan lagi-lagi melihat siapa yang bisa membantu perusahaan, salah satunya melalui media sosial.

  1. Carilah tempat magang yang relevan

Beberapa mahasiswa biasanya mencari tempat magang hanya sebagai formalitas syarat kelulusan. Mencari tempat magang yang relevan dengan kuliah dan hobimu, sebenarnya jauh lebih penting untuk masa depanmu. Dengan tempat magang yang relevan, kamu bisa mengembangkan dirimu lebih baik lagi.

Lima tips di atas penting banget buat kamu yang akan menjalani magang. Anyway, magang adalah satu titik awal dari masa depan profesionalmu lho. Anak magang tetap harus bebas dari kuman agar tidak gampang sakit. Untuk itu kamu bisa selalu menyemprotkan Antis Lucky Charm sebelum dan sesudah beraktivitas di kantor magangmu.

Email Print