Tips Membuat Curriculum Vitae Yang Menarik

Saat ini banyak sekali orang yang mencari kerja. Dengan keterbatasan lapangan pekerjaan, maka satu posisi saja bisa diperebutkan. Untuk mendapatkan pekerjaan, kita juga perlu tahu kira-kira apa saja yang dilihat dari perusahaan tentang seorang kandidat.

Salah satu hal yang berperan penting ketika melamar pekerjaan adalah curriculum vitae atau daftar riwayat hidup. Mungkin sekarang jarang orang yang menyebutkan daftar riwayat hidup karena terkesan kuno. Curriculum Vitae atau yang sering disingkat CV ini jadi semacam kesimpulan apa yang telah kamu lakukan selama ini.

CV adalah senjata utama yang menjadi pertimbangan perusahaan memilihmu untuk bergabung. Ada empat tips bagaimana kamu bisa membuat CVmu lebih menarik untuk dilihat.

  1. Foto diri yang representatif

Penting untuk menempatkan foto diri yang representatif. Representatif di sini maksudnya adalah foto yang benar-benar menggambarkan dirimu, bukan sekedar editan. Misalnya, kamu adalah orang yang suka menggambar, kamu bisa membuat foto profilmu dengan perlengkapan menggambar sebagai ambience dari foto profilmu. Penting untuk tidak terlalu mengedit foto supaya HRD tidak kaget ketika ternyata muka aslimu berbeda jauh dengan foto.

  1. Data diri dan kontak yang tepat

Penting untuk menuliskan data diri yang lengkap beserta kontak yang bisa dihubungi. Ini merupakan hal sederhana yang sering dilupakan oleh kandidat. Dengan data diri lengkap, akan banyak bahan pertanyaan dari HRD untuk semakin mengenal dirimu, dan inilah waktumu untuk menceritakan profilmu. Selain itu pastikan HRD dapat dengan mudah menghubungi dirimu, bahkan termasuk di media sosial.

  1. Desain yang menarik

Desain yang menarik membuat HRD dapat dengan mudah melihat kreativitasmu. Selain itu desain CV menarik juga akan membedakanmu dengan kandidat lain, menunjukkan bahwa kamu lebih serius untuk melamar pekerjaan. Banyak ide CV menarik yang bisa kamu temukan di pinterest sebagai referensi.

  1. Skill dan pengalaman kerja

Gambarkan tentang keahlianmu, pengalaman kerjamu, dan juga pengalaman di organisasi. Hal ini akan menjadi penting karena perusahaan bisa melihat bagaimana potensimu membangun perusahaan. Bahkan kalau perlu, berikan contoh mengenai skill-mu dalam bentuk portfolio yang dikemas bagus.

 

Ingat bahwa kunci untuk melamar pekerjaan adalah memiliki pengalaman relevan, berbeda dengan kebanyakan orang dan menggambarkan dirimu yang sebenarnya. Dengan ini, kemungkinan besar kamu akan dimasukkan ke dalam sh

Email Print