Tips Mencari Kerja ditengah Pandemi Virus Corona

Antis Pada masa awal pandemi corona, bisa dikatakan jika kondisi perekonomian di Indonesia terbilang cukup sulit. Bahkan banyak perusahaan yang terpaksa “merumahkan” para pegawainya karena kondisi saham yang menurun begitupun dengan industri.

Bahkan di beberapa negara-negara besar sekalipun, tingkat pengangguran semakin bertambah karena PHK, cuti, pemotongan jam kerja dan upah lembur, hingga menerapkan pembekuan perekrutan. Sehingga bisa dikatakan sangat sulit untuk mencari pekerjaan di tengah-tengah pandemi virus seperti saat ini. Namun anda tak boleh patah semangat, anda bisa menggunakan tips mencari kerja dibawah ini untuk bisa bekerja meskipun kondisi perekonomian sedang tidak baik.

Gunakan Keterampilan Anda

Sisihkan waktu anda beberapa jam untuk kembali lagi merapikan resume yang anda miliki. Jika saat ini industri tempat anda bekerja terpengaruh dengan adanya kondisi pandemi corona ini. Coba pikirkan kembali mengenai keahlian yang anda miliki untuk sektor lainnya.

Misalnya saja jika anda bekerja sebagai ahli pemasaran, anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk menerjemahkan kemampuan yang anda miliki ke bidang layanan konsumen maupun penjualan. Ini akan sangat berkaitan dengan soft skill yang anda miliki. Sehingga anda bisa menuliskan kembali pada resume anda mengenai kemampuan-kemampuan lain yang anda miliki.

Belajar Hal-Hal Yang Baru

DI tengah masa pandemi seperti ini rasanya sangat disarankan bagi anda untuk banyak belajar hal yang baru. Tips mencari kerja ini akan sangat membantu anda menemukan pekerjaan di tengah pandemi seperti saat ini. Belajarlah keterampilan-keterampilan profesional yang baru, hal ini bahkan bisa anda dapatkan dengan mudah melalui online. Saat ini media seperti LinkedIn Learning, Youtube, dan lainnya menjadi media yang dapat memperluas pengetahuan

Gunakan Jaringan Anda

Biarkan keluarga dan teman anda mengetahui jika saat ini anda sedang mencari pekerjaan. Beritahukan kepada mereka mengenai jenis pekerjaan yang sedang dicari serta target anda. Ini akan sangat membantu anda jika nantinya mereka menemukan lowongan seperti yang anda harapkan. Jadi jangan sepelekan jaringan yang anda miliki. Bisa jadi mereka lah yang nantinya akan menjadi peluang untuk anda mendapatkan pekerjaan bagus di tengah masa pandemi seperti saat ini.

Jeli Melihat Kebutuhan Pasar

Meskipun saat ini kehidupan perekonomian sedang sulit akibat pandemi COvid-19. Namun tak semua pekerjaan dan industri akan memiliki dampak yang sama. Beberapa perusahaan di bidang travel dan restoran mungkin akan sangat terpukul dengan kondisi saat ini. Akan tetapi di sisi yang lain ada beberapa pekerjaan yang cukup booming  seperti pekerja di bidang kesehatan, layanan kebersihan, toko bahan makanan dan masih banyak lainnya. Bahkan bisnis di bidang e-commerce juga cukup melonjak karena penerapan PSBB

Yakin Dengan Diri Sendiri

Apapun usaha yang sudah anda lakukan, tetap gigih dan sabar menjalani kehidupan. Ada banyak ketidakpastian yang ada di luaran sana. Tetap yakin pada diri anda dan lakukan terbaik yang anda bisa.

Meskipun sulit mencari kerja di masa seperti saat ini, namun tips mencari kerja diatas mungkin sedikit membantu. Selalu mengusahakan yang terbaik agar anda bisa segera mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan.

Selain itu, selama masa pandemi ini disarankan untuk selalu menjaga kebersihan tangan dengan rutin mencuci tangan menggunakan air dan sabun. Jangan lupa untuk membawa Antis Hand Sanitizer kemanapun Anda pergi supaya tangan terhindar dari serangan virus corona.

Email Print