Warning: "continue" targeting switch is equivalent to "break". Did you mean to use "continue 2"? in /home/antisant/public_html/wp-content/plugins/types/vendor/toolset/types/embedded/includes/wpml.php on line 644

Warning: "continue" targeting switch is equivalent to "break". Did you mean to use "continue 2"? in /home/antisant/public_html/wp-content/plugins/types/vendor/toolset/types/embedded/includes/wpml.php on line 661
Tips Mengatur Waktu Untuk Membuat Skripsi | Antis Antiseptic Hand Sanitizer
Tips Mengatur Waktu Untuk Membuat Skripsi
tips mengatur waktu skripsi

Antis Menjadi seorang mahasiswa, mau tidak mau harus bisa menyelesaikan skripsi. Penentu kelulusan ini memang seringkali membuat mood mahasiswa jadi berantakan. Bahkan, tidak jarang ada mahasiswa yang dibuat stress dan pusing tujuh keliling. Meski begitu, mahasiswa tidak ada pilihan lain jika ingin segera menyandang status baru sebagai sarjana.

Skripsi menjadi langkah terakhir untuk menyelesaikan pendidikan di bangku perkuliahan. Sayangnya, banyak yang gagal dan akhirnya berhenti di tengah jalan. Namun, benarkah skripsi semenakutkan itu? Sebenarnya, skripsi sama sekali tidak membuat stres jika Kamu tau bagaimana cara terbaik untuk mengatur waktu. Lantas, bagaimana cara mengatur waktu selama bergelut dengan skripsi agar bisa lulus tepat waktu?

Ini Dia, Cara Mengatur Waktu Agar Skripsimu Selesai Tepat Waktu

Menjadi mahasiswa tingkat akhir memang penuh dengan tantangan, terutama ketika harus berhadapan dengan yang namanya skripsi. Namun, tidak perlu terlalu mengkhawatirkannya karena Kamu pasti bisa menyelesaikannya. Nah, agar skripsimu bisa selesai tepat waktu, ikuti beberapa tips berikut ini:

  1. Ubah mindset bahwa skripsi itu sangat asyik

Cara pandang kita terhadap suatu hal memang sangat berpengaruh pada cara kerja kita ke depannya. Jika di awal sudah menganggap bahwa skipsi itu bikin stress dan pusing, maka yang ada hanya rasa malas untuk menyelesaikannya. Berbeda halnya dengan pandangan bahwa skripsi itu asyik, maka akan membuat kita lebih semangat untuk mengerjakannya.

  1. Buat target sesuai kemampuan diri sendiri

Setiap orang punya kemampuan dan kesibukan yang berbeda. Maka dari itu, hanya Kamu sendiri yang bisa menentukan kapan skripsimu bisa diselesaikan. Buatlah target waktu, berapa bulan skripsimu akan diselesaikan? Misalnya, setiap BAB skripsi harus bisa diselesaikan dalam jangka waktu 1 bulan. Nah, target inilah yang akan menjadi alarm agar Kamu tidak bersantai terus-menerus sebelum target tersebut bisa dicapai.

  1. Buat daftar kegiatan sehari-hari

Bagi mahasiswa tingkat akhir, membuat daftar kegiatan memang sangat penting. Daftar kegiatan seperti ini akan membuat Kamu lebih terarah dalam memanfaatkan waktu. Dalam satu hari, pastikan untuk membuat jadwal mengerjakan skripsi. Misalnya, luangkan waktu minimal selama 2 – 3 jam untuk mengerjakan skripsi setiap hari. Baik untuk mencari jurnal, membaca referensi, atau hal lain yang berkaitan dengan skripsi.

  1. Ciptakan progress baru setiap minggu

Pencapaian target bulanan akan lebih maksimal jika Kamu rutin membuat progress setiap minggu. Maka dari itu, Kamu harus memacu diri sendiri agar bisa menciptakan progress baru setiap minggu. Jangan sampai dalam waktu satu minggu hanya digunakan untuk bermalas-malasan saja. Jika tidak, maka target bulanan pun bisa berantakan.

  1. Ganti jam kuliah untuk mengerjakan skripsi

Sebagai mahasiswa tingkat akhir, waktu luang untuk mengerjakan skripsi sebenarnya sangat banyak. Hal ini mengingat bahwa mahasiswa tingkat akhir sudah tidak dibebani oleh jadwal kuliah di kelas. Jika biasanya ada kelas dari pagi hingga sore, maka kini waktu tersebut kosong karena tidak ada jadwal kuliah yang harus diikuti lagi. Sehingga, waktu yang kosong ini bisa diganti untuk mengerjakan skripsi.

  1. Kerjakan tugas organisasi di luar jadwal skripsi

Saat disibukkan dengan skripsi, bukan berarti harus meninggalkan tugas organisasi. Namun, Kamu harus pandai mengatur waktu antara mengerjakan tugas organisasi dengan menyelesaikan skripsi. Pastikan jadwalnya tidak bertabrakan, sehingga semua tugas bisa dikerjakan dengan maksimal. Misalnya rapat organisasi diadakan hari sabtu dan minggu, maka target skripsi harus sudah diselesaikan sebelum hari tersebut.

  1. Jangan menunda

Semakin sering menunda waktu untuk mengerjakan skripsi, maka akan timbul rasa malas. Ketika rasa malas semakin menumpuk, maka skripsi bisa terbengkalai dan berhenti begitu saja di tengah jalan. Jadi, jangan pernah menunda-nunda waktu. Selalu ingat bahwa ada target yang harus dikejar, sehingga harus buang jauh-jauh rasa malas itu.

Meskipun harus bersentuhan dengan skripsi setiap hari, bukan berarti Kamu tidak boleh beristirahat atau sekedar mencari hiburan. Istirahat sangat penting agar tubuh selalu fit selama mengerjakan skripsi. Mendengarkan lagu, nonton tv, dan jalan-jalan bersama teman juga masih boleh dilakukan asal tidak dilakukan dengan berlebihan.

Membuat reward untuk diri sendiri juga penting atas pencapaian target yang berhasil dilakukan. Tidak perlu reward yang mewah, Kamu bisa membeli makanan atau minuman kesukaan sebagai bentuk perayaan kecil-kecilan.

Dengan begitu, Kamu akan merasa jering payahmu tidak sia-sia dan semakin bersemangat untuk mengejar target selanjutnya. Bagaimana, sudah siap untuk menyelesaikan skripsi? Yuk, mulai dari sekarang!

Email Print