Tips Mengembalikan Semangat Kuliah Saat New Normal

Antis Akhirnya setelah sekian lama kuliah online beberapa bulan belakangan ini karena pandemi corona (covid-19), pemerintah telah mengizinkan segala aktivitas termasuk perkuliahan untuk kembali bergulir. Kembalinya aktivitas di luar ini disebut dengan kehidupan new normal.

Dengan diterapkannya kehidupan new normal ini tentu menjadi kabar gembira bagi kamu para mahasiswa yang sudah bosan kuliah online di rumah. Atau jangan-jangan kamu masih tetap malas kuliah walaupun sudah new normal? Jangan malas dong, mulai sekarang buang rasa malas itu jauh-jauh dengan melakukan tips mengembalikan semangat kuliah saat new normal berikut:

Tips Mengembalikan Semangat Kuliah Saat New Normal

Rencanakan Target Selama Kuliah dan Setelah Kuliah

Sebagai mahasiswa kamu harus memiliki tujuan yang jelas kenapa kamu kuliah, kalau kamu cuma ikut-ikutan kuliah tanpa target yang jelas, pasti kamu tidak memiliki motivasi untuk kuliah.

Maka dari itu kamu harus membuat list target apa yang ingin kamu capai selama kuliah dan target selanjutnya setelah selesai kuliah nanti. Target tersebut lah yang akan memberimu harapan untuk termotivasi, kuat, dan tentunya menjadi semangat untuk kuliah.

Mencari Saingan

Pasti setelah beberapa semester kuliah kamu makin lama makin tidak memiliki motivasi kan? Memang terkadang seperti itu, ada kalanya kamu tidak semangat dalam kuliah karena tidak memiliki dorongan untuk bersemangat.

Nah oleh karena itu, kamu bisa mencoba menjadikan teman kuliahmu yang cerdas, pintar, dan jenius untuk kamu jadikan sebagai saingan. Maksudnya bersaing adalah kamu berusaha untuk menyamai atau bahkan melebihi dirinya.

Cobalah untuk mencari tahu bagaimana metode belajar teman kamu itu, terkadang guru terbaik adalah sainganmu sendiri, jadi banyaklah belajar dari sainganmu itu supaya bisa sepintar dia atau bahkan lebih pintar lagi. Namun tetaplah bersaing secara sehat ya.

Ingat Orang Tua

Membanggakan orang tua merupakan salah satu alasan seorang mahasiswa harus berjuang dalam kuliahnya. Dengan lulus kuliah, orang tua pasti akan pencapaian anaknya.

Oleh karena itu, cobalah untuk mengingat orang tuamu jika kamu merasa malas kuliah, dengan mengingat mereka pasti kamu akan terdorong untuk menjadi semangat.

Mengatur waktu

Jika kamu sering merasa tidak semangat kuliah, cobalah untuk mengatur waktumu. Dengan mengatur waktu kamu bisa menjadi fokus pada hal – hal yang mesti kamu prioritaskan. Buatlah rencana yang tersusun untuk jadwal kegiatanmu sehari – hari.

Perbanyak relasi

Salah satu penyebab seorang mahasiswa kurang semangat dalam kuliahnya adalah kegiatan sehari – harinya yang cenderung menjadi mahasiswa kupu – kupu, berangkat pulang, berangkat pulang, tanpa ada kegiatan yang berbeda.

Solusi yang tepat untuk hal ini adalah kamu harus memperbanyak relasi/kenalan/teman yang tentunya memberikan dampak positif bagimu, semakin banyak semakin bagus, dengan itu kamu menjadi semangat dengan serangkaian kegiatan yang kamu dan teman-temanmu lakukan.

Itulah tips mengembalikan semangat kuliah saat new normal. Mulai sekarang jangan patah semangat ya dalam kuliah walaupun banyak rintangan yang harus kamu hadapi. Selalu jaga kebersihan saat ke kampus seperti membawa Antis Hand Sanitizer supaya tangan kamu bersih.

Email Print